Fajriyati, Ika Nur (2022) PENERAPAN POLA BIMBINGAN INDIVIDU DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DI TPQ BUSTANU ‘USYSYAQIL QUR’AN (BUQ) LESMANA AJIBARANG BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Ika Nur Fajriyati_Penerapan Pola Bimbingan Individu dalam Belajar Membaca Al-Qur'an Anak Usia Dini di TPQ Bustanu 'Usysyaqil Qur'an.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Saat ini, lembaga pendidikan Al-Qur’an semakin berkembang di masyarkat. Begitu pula dengan lembaga pendidikan Al-Qur’an untuk anak usia dini. Dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini tentu menemui banyak problem. Sehingga membutuhkan solusi untuk menyelesaikan problematika tersebut. Usaha untuk menyelesaikan problem yang ditemui oleh anak dapat ditemui dengan bimbingan secara individu bagi anak yang memiliki kesulitan. Sehingga stimulus yang diberikan sesuai dengan problem anak dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pola bimbingan individu dalam belajar membaca al-Qur’an anak usia dini di TPQ Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Lesmana, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas dan apa variasi pola bimbingan individu yang diterapkan di TPQ Bustanu’ Usysyaqil Qur’an Lesmana, Kecamata Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini mengguanakn jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data-data yang dikumpulkan berasal dari wawancara, observasi lapangan, dokumentasi pribadi amupun catatatn dan dokumen resmi lainnya. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mewawancarai guru pengampu kelas usia dini (Pra TK) di TPQ Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Lesmana, Ajibarang, Banyumas. Analisis data yang digunakan dalam wawancara ini adalah dengan triagulasi. Yaitu membandingkan hasil wawancara dengan kejadian yang ada di lapangan. Hasil penelitian ini adalah pola bimbingan individu yang diterapkan di TPQ Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an adalah memiliki 2 pola. Yakni pola bimbingan individu (diberikan secara pribadi pada tiap individu yang memiliki permasalahan dalam belajar), dan bimbingan semi individu (bimbingan individu yang diberikan pada sekelompok siswa dengan problem yang sama). Kemudian, bimbingan individu yang diterapkan di TPQ Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Lesmana, Ajibarang, Banyumas, memiliki 2 variasi, yaitu variasi bimbingan yang diberikan kepada siswa berdasarkan problematika yang dihadapi. Yaitu bimbingan pada anak dengan gangguan fonologi, lambat dalam belajar, hiper aktif dan problem psikologi. Kemudian variasi waktu pelaksanaan bimbingan individu untuk membimbing anak dalam belajar bimbingan individu. Yaitu bimbingan di dalam kelas, bimbingan di luar jam pembelajaran, dan bimbingan di rumah. Kata Kunci: Pola bimbingan individu, Al-Qur’an, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola bimbingan individu, Al-Qur’an, Anak Usia Dini |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ika Nur Nur Fajriyati sdri |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 03:59 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 03:59 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17299 |
Actions (login required)
View Item |