PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MI DARUSSALAM SUMINGKIR JERUKLEGI

Thariq, Asshidqi (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MI DARUSSALAM SUMINGKIR JERUKLEGI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Thariq Asshidqi_Peran Kepala Sekolah dalam Pengimplementasian Kompetensi Sosial Guru di MI Darussalam Sumingkir Jeruklegi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah merupakan bagian dari kesuksesan dalam sebuah sekolah/madrasah. Kepemimpinan yang harus ada dalam jiwa kepala sekolah mencotohkan kompetensi sosial kepala sekolah, maka kepala sekolah harus mempunyai rasa tanggung jawab yang besar kepada para guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran kepala sekolah dalam pengimplementasian kompetensi sosial guru di MI Darussalam Sumingkir Jeruklegi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di MI Darussalam Sumingkir sudah berjalan sesuai dengan kondisi yang baik, peran kepala sekolah di MI Darussalam Sumingkir sebagai innovator, administrator, pemimpin serta menggunakan beberapa program, program kompetensi sosial kepala sekolah berinteraksi secara efektif dengan siswa, pengajar tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, dan orang tua atau wali siswa, berkomunikasi secara lisan, tertulis, dan/atau dengan gerak tubuh secara sopan dan profesional, bergaul dengan masyarakat sekitar secara santun, dengan tetap berpegang pada norma dan sistem nilai yang berlaku, Mengkomunikasikan dan menggunakan teknologi informasi secara praktis, mempraktikkan prinsip – prinsip persaudaraan sejati dan semangat kerja sama, peran kepala sekolah bagi guru MI Darussalam Sumingkir in house training, kunjungan ke rumah, paguyuban orang tua/wali di tingkat kelas, partisipasi pendidik dalam berbagai upaya MGMP, melibatkan guru dalam kegiatan workshop, pelatihan bagi pendidik dalam penerapan teknologi informasi, partisipasi pendidik dalam banyak kegiatan masyarakat, pertemuan sekaligus motivasi. Kegiatan kompetensi sosial yang dilakukan akan berdampak baik bagi para guru yang menelaahnya dengan baik, dapat meningkatkan gaya berkomunikasi, interaksi, bergaul, memiliki kepekaan sosial, dapat mengkomunikasikan teknologi di zaman sekarang dan mendatang serta mempunyai nilai yang baik dalam hal kompetensi sosial apabila dilakukan dan diserap dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Pengimplementasian Kompetensi Sosial Guru.
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Thariq Asshidqi sdr
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:02
Last Modified: 02 Jan 2023 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17272

Actions (login required)

View Item View Item