PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT, ETOS KERJA ISLAMI DAN KEPEMIMPINAN ISLAMI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada PT. Bank Muamalat di Purwokerto)

Dodi, Mustajab (2022) PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT, ETOS KERJA ISLAMI DAN KEPEMIMPINAN ISLAMI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada PT. Bank Muamalat di Purwokerto). Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tesis Dodi Mustajab for repository FINAL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aset yang berharga khusunya dalam dunia perbankan syariah adalah karyawan, hal ini disebabkan karena karyawan mempunyai nilai kapabilitas yang menjadi ciri khas sebuah bank sehingga tidak dapat ditiru oleh bank lainya. Namun beberapa decade terakhir, perbincangan terkait penguatan nilai spiritual dalam dunia perbankan semakin popular, hal ini dikarenakan banyak praktik dari Lembaga keuangan yang tidak terpuji sehingga menimbulkan dampak negatifi yang serius. Maka dari itu banyak manajemen perbankan syariah menggunakan teknik Organizational Citizenship Behavior (OCB) untuk mengoptimalkan kinerja karyawan. Setidaknya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan diantaranya adalah Person Organization Fit (PO-fit), etos kerja Islami, dan Kepemimpinan Islami. Sehingga dari hal tersebut, penelitian ini akan terfokus terhadap beberapa hal seperti apakah terdapat pengaruh person- organization fit, etos kerja Islami maupun kepemimpinan Islami terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis penelitian lapangan atau field research. Teknik analisis data menggunakan Variance Based SEM (SEM- PLS) dengan bantuan soffware SmartPLS versi 3.2.9. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 39 karyawan PT. Bank Muamalat di Purwokerto. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh person-organization fit, etos kerja Islami maupun kepemimpinan Islami terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB); Maka dari itu, penelitian ini juga memakai sebuah landasan teori yaitu Organizational Citizenship Behavior (OCB). Hasil analisis Variance Based SEM (SEM-PLS) menunjukkan bahwa person- organization fit, etos kerja Islami maupun kepemimpinan Islami berpengaruh positif signifikan Organizational Citizenship Behavior (OCB); etos kerja Islami berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan person-organization fit maupun kepemimpinan Islami berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Selanjutnya, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa OCB berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, dan OCB memediasi secara signifikan positif pengaruh person-organization fit, etos kerja Islami maupun kepemimpinan Islami terhadap kinerja karyawan PT. Bank Muamalat di Purwokerto. Kata Kunci: Kinerja Karyawan, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Person-Organization Fit, Etos Kerja Islami, Kepemimpinan Islami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Karyawan, Organizational Citizenship Behavior (OCB),Person-Organization Fit, Etos Kerja Islami, Kepemimpinan Islami.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: DODI MUSTAJAB sdr
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:55
Last Modified: 28 Dec 2022 03:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17267

Actions (login required)

View Item View Item