ANALISIS PREFERENSI INVESTOR TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA ASET CRYPTOCURRENCY (STUDI KASUS KOMUNITAS SATOSHI BTCS GAYENG)

Satrio, Eko Saputro (2022) ANALISIS PREFERENSI INVESTOR TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA ASET CRYPTOCURRENCY (STUDI KASUS KOMUNITAS SATOSHI BTCS GAYENG). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SATRIO EKO SAPUTRO(1817202082).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Cryptocurrency dimulai dengan peluncuran Bitcoin pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto dengan membawa visi sebagai sistem pembayaran online peer-to-peer tanpa melibatkan campur tangan pihak ketiga. Kehadirannya tentu saja menuai banyak pro dan kontra di berbagai negara belahan dunia tak terkecuali negara Indonesia. Animo masyarakat terus meningkat seiring dengan ditetapkannya peraturan yang membolehkan Cryptocurrency sebagai aset investasi. Meskipun terdapat ancaman risiko kerugian yang tinggi, masyarakat sebagai investor rupanya memiliki kecenderungan tersendiri dalam memilih Cryptocurrency jika disandingkan pada pilihan aset investasi yang lain seperti saham dan obligasi. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi langsung dilapangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana preferensi yang digunakan oleh investor dalam mengambil keputusan investasi pada aset Cryptocurrency. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada anggota komunitas Satoshi BTCS Gayeng yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai informan penelitian, dengan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa preferensi investor dalam memutuskan untuk berinvestasi pada aset Cryptocurrency disebabkan oleh: 1) adanya persepsi terhadap isu-isu yang melekat pada aset kripto, 2) adanya kecenderungan yang kuat karena memungkinkan investor untuk mengambil keuntungan maksimal dalam jangka waktu yang singkat. 3) adanya anggapan bahwa sentimen pasar, tren aset kripto serta ketetapan hukum secara syariah islam merupakan peluang yang baik untuk sedini mungkin memiliki aset sebagai kesiapan menghadapi masa yang akan datang dengan terus mempelajari dan memahami secara penuh bagaimana perkembangan serta kemungkinan risiko yang akan dihadapi. Kata Kunci: Preferensi, Investasi, Cryptocurrency

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Preferensi, Investasi, Cryptocurrency
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Satrio Eko Saputro sdr
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:10
Last Modified: 27 Dec 2022 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17254

Actions (login required)

View Item View Item