Iklil, Zuana Alfa (2022) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM LAYANAN PERNIKAHAN TERPADU DI KANTOR URUSAN AGAMA CILACAP SELATAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
IKLIL ZUANA ALFA_POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM LAYANAN PERNIKAHAN TERPADU DIKANTOR URUSAN AGAMA CILACAP SELATAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pola komunikasi organisasi merupakan sistem penghubung antara anggota-anggota dalam kelompok organisasi menjadi satu kesatuan yang mampu membentuk pola interaksi sesama anggota dalam organisasi. Pertukaran informasi yang terjadi diantara individu-individu tersebut akan membentuk sebuah pola. Pola komunikasi dapat dibagi menjadi 5 (lima) bagian, diantaranya pola komunikasi roda, lingkaran, rantai,Y,dan bintang. Pola di katakana sebagai model, yaitu cara menunjukan sebuah obyek yang mengandung kompleksitas proses di dalamnya dan hubungan antar unsur-unsur pendukungnya sedangkan organisasi adalah wadah atau struktur unit social yang sengaja di bentuk kembali dengan penuh pertimbangan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi oganisasi dalam layanan pernikahan terpadu di kantor urusan Agama Cilacap Selatan, serta apa faktor penghambat dan mendukung pola komunikasi organisasi dalam layanan pernikahan terpadu di kantor urusan agama Cilacap Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (filed research),dimana jenis penelitian lapangan dapat diamati secara langsung untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan di lapangan dan menggunakan penelitian studi kasus (Case Studies) dengan tujuan memperoleh makna, menyelidiki proses, serta memperoleh pengertian dan pengalaman secara mendalam secara utuh dari individu, kelompok atau situasi tertentu. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwasanya KUA Cilacap Selatan menjadi indikator dengan menggunakan pola komunikasi menurut Devito yakni pola Rantai di gunakan ketika sedang pembagian tugas atasn dengan bawahan, Roda di gunakan ketika dalam exsekusi di lapangam, Bintang di gunakan di dalam rapat dan Lingkaran di gunakan dalam pelayanan berbasis offline atau online. Yang sangat relevan di gunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi Organisasi, Layanan Terpadu, KUA ( kantor urusan agama |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Iklil Zuana Alfa |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 03:37 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 03:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17252 |
Actions (login required)
View Item |