PENGARUH PREMI, KLAIM, DAN HASIL INVESTASI TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2021

Liana, Insani (2022) PENGARUH PREMI, KLAIM, DAN HASIL INVESTASI TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2021. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Liana Zakiyatul Insani_Pengaruh Premi, Klaim, dan Hasil Investasi Terhadap Laba Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia Tahun 2016-2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh industri asuransi syariah yang mengalami penurunan laba yang sangat tajam, hingga masalah gagal bayar klaim oleh perusahaan dalam sepuluh tahun terakhir. Laba memiliki peranan yang penting bagi perusahaan karena laba merupakan alat ukur untuk mengukur keberhasilan dalam suatu usaha. Faktor yang mempengaruhi tingkat pertumbuhan laba yaitu penerimaan dan pengeluaran yang diterima dan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi yang meliputi premi dan hasil investasi serta klaim. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh premi, klaim dan hasil investasi terhadap laba Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia tahun 2016-2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia tahun 2016-2021. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 13 Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia. Data yang digunakan merupakan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, premi berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba, klaim berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba, dan hasil investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap laba. Kemudian, variabel premi, klaim, dan hasil investasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap laba Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia tahun 2016-2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Premi, Klaim, Hasil Investasi, Laba
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Liana Zakiyatul Insani sdri
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:26
Last Modified: 27 Dec 2022 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17226

Actions (login required)

View Item View Item