IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA

Anwar, Fauzi (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saefuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anwar Fauzi_Implementasi Manajemen Kelas Dalam Rangka Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya MAN Purbalingga mampu mengeluarkan lulusan yang berkualitas dari tahun ke tahun, dan banyaknya siswa yang berhasil masuk ke jenjang Pendidikan selanjutnya karena dari hasil didikan kedisiplinan yang dilakukan oleh para guru, yang membuat siswa menjadi disiplin dalam belajarnya dan dapat mendapat nilai tinggi sehingga dapat diterima di Universitas Negeri maupun Swasta. Maka dari itu pentingnya membentuk karakter disiplin siswa. Pembentukan karakter disiplin dalam diri siswa agar terhindar dari tindakan yang menyimpang dan melanggar peraturan adalah merupakan suatu kondisi yang diharapkan oleh semua pihak. Dengan perilaku disiplin diharapkan tercipta lingkungan sekolah yang aman dan kondusif, oleh karenanya pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar. Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga adalah sekolah yang sudah dibilang tua dan memiliki jumlah siswa yang banyak, dan sampai saat ini tidak ada kejadian tindakan yang amoral atau indisipliner. Dari permasalahan tersebut peneliti bermaksud memperdalam penelitian tentang “Implementasi Manajemen Kelas Dalam Rangka Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga”. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan dengan maksud memperoleh data faktual yang menggambarkan bagaimana implementasi manajemen kelas dalam rangka meningkatkan kedisiplinan di Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga. Waktu pelaksanaan penelitian pada tanggal 21 Juli sampai 20 Agustus 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi sumber. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tujuh upaya implementasi manajemen kelas dalam rangka meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga. tujuh upaya yang dilakukan yaitu dengan cara guru membuat kontrak belajar atau tata tertib kelas, menerapkan pembiasaan, memberikan keteladan, menanamkan pengetahuan moral, membangun lingkungan disiplin, mensosialisasikan tata tertib sekolah, dan memberikan reward dan punishment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Kedisiplinan Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anwar fauzi sdr
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:21
Last Modified: 27 Dec 2022 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17208

Actions (login required)

View Item View Item