PENERAPAN METODE TAKRAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS TAHFIDZ DI TPQ AL BAROKAH BERKOH BANYUMAS

Fany, Martzelina (2022) PENERAPAN METODE TAKRAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS TAHFIDZ DI TPQ AL BAROKAH BERKOH BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fany Martzelina_Penerapan Metode Takrar Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Kelas Tahfidz Di TPQ Al Barokah Berkoh Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa khususnya pada bahasa Arab banyak sekali metode yang digunakan guru agar materi dapat tersampaikan kepada peserta didik dengan baik. salah satunya adalah menggunakan metode Takrar. Di TPQ Al Barokah Berkoh, mayoritas peserta didik masih asing terhadap bahasa Arab dan masih menganggap bahwa bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit untuk dipelajari, maka untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan penerapan metode yang baik salah satunya dengan metode Takrar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Takrar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas Tahfidz TPQ Al Barokah Berkoh serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Adapun objek dari penelitian skripsi ini adalah penerapan metode Takrar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab sedangkan untuk subjek dalam penelitian ini adalah kepala TPQ, guru bahasa Arab dan peserta didik kelas Tahfidz. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan untuk analisis data peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran kosakata bahasa Arab dalam kelas Tahfidz di TPQ Al Barokah Berkoh menggunakan metode Takrar yang diawali dengan persiapan seperti menyiapkan materi dan setoran surah juz 30 kemudian dilanjut dengan pembelajaran bahasa Arab. Langkah-langkah pembelajaran kosakata dimulai oleh guru dengan menjelaskan materi dan dilanjutkan dengan guru menunjuk salah satu peserta didik untuk mempresentasikan ulang materi yang sudah dijelaskan dan disimak oleh peserta didik yang lain. Faktor pendukung dari diterapkanya metode Takrar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab adalah memudahkan peserta didik dalam memahami materi, sedangkan faktor penghambatnya adalah sedikitnya peserta didik yang mengikuti kegiatan belajar. Kata kunci: Penerapan, Metode Takrar, Pembelajaran Kosakata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Takrar, Pembelajaran Kosakata
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fany martzelina
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:09
Last Modified: 22 Dec 2022 07:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17201

Actions (login required)

View Item View Item