Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means End Analysis (MEA) Terhadap kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Kelas XI SMA Negeri 3 Purwokerto

Ridha, Khoeru Nisa (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means End Analysis (MEA) Terhadap kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Kelas XI SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ridha Khoeru Nisa_ Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means End Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Kelas XI SMA Negeri 3 Purwokerto (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI SMA Negeri 3 purwokerto. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran yang kurang tepat. Adapun salah satu dugaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Means End Analysis (MEA). Dengan menggunakan model pembelajaran Means End Analysis (MEA) siswa dapat menemukan cara dan langkahnya sendiri untuk mencapai suatu tujuan yang lebih umum dan rinci dalam menyelesaikan sutau permasalahan matematika yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Means End Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI SMA Negeri 3. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang merupakan bagian dari penelitian kuntitatif yang berdesain quasi experimental design. Adapun desain dari quasi experimental design yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Pada penelitian ini yang terpilih menjadi sampel yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan bentuk uraian. Adapun analisis data yang digunakan menggunakan uji N-Gain dan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Means End Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XJ SMA Negeri 3 Purwokerto. Dari hasil N-gain yang menunjukkan N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,4611 yang berkategori sedang dan pada kelas kontrol mendapat nilai rata-rata N-Gain yaitu sebesar 0,278 yang berkategori rendah. Sehingga, siswa kelas eksperimen memiliki peningkatan berpikir kreatif matematis yang lebih tinggi pada indikator keluwesan, keaslian, dan elaborasi dibandingkan dengan kelas kontrol. KATA KUNCI: Means End Analysis (MEA), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Means End Analysis (MEA), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ridha Khoeru Nisa sdri
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:53
Last Modified: 22 Dec 2022 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17197

Actions (login required)

View Item View Item