METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT DENGAN KITAB SYI’IR BAHASA ARAB PADA KELAS II MI AL-IMAN SARWADADI CILACAP

Neda, Ana Munsifati (2022) METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT DENGAN KITAB SYI’IR BAHASA ARAB PADA KELAS II MI AL-IMAN SARWADADI CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NEDA ANA MUNSIFATI_METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT DENGAN KITAB SYI’IR BAHASA ARAB PADA KELAS II MI AL-IMAN SARWADADI CILACAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari keunikan pembelajaran mufradât di MI Al-Iman Sarwadadi Cilacap yang berbeda dengan pembelajaran mufradât di lembaga pendidikan formal lainnya. Pembelajaran mufradât di MI Al-Iman Sarwadadi Cilacap dilakukan dengan hafalan naẓam menggunakan Kitab Syi’ir Bahasa Arab. Pembelajaran mufradât tersebut diperuntukkan untuk peserta didik tingkat pemula atau mubtadi’ yang bertujuan memberikan kesan menyenangkan bahwasannya bahasa Arab tidaklah sulit, namun menyenangkan karena pembelajaran dilakukan dengan menghafal sambil bernyanyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam metode pembelajaran mufradât dengan Kitab Syi’ir bahasa Arab pada kelas II MI Al-Iman Sarwadadi Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah MI Al-Iman Sarwadadi Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Dengan subjek penelitian meliputi; guru mata pelajaran bahasa Arab atau wali kelas II, siswa kelas II, dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian metode pembelajaran mufradât dengan Kitab Syi’ir bahasa Arab pada kelas II MI Al-Iman Sarwadadi Cilacap yaitu: 1) Dalam pembelajaran mufradât dengan Kitab Syi’ir bahasa Arab, peserta didik menjadi lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran, karena pembelajaran mufradât dilakukan dengan bernyanyi. Dan peserta didik merasa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan. Proses atau tahapan pembelajarannya meliputi persiapan, pelaksanaan (pendahuluan, kegiatan inti, penutup) dan evaluasi. Pertama guru menuliskan beberapa mufradât di papan tulis. Kemudian guru meminta peserta didik untuk menulisnya di buku tulis masing-masing. Setelah itu guru mencontohkan bagaimana bunyi mufradât tersebut jika diiramakan, lalu meminta peserta didik untuk ikut menirukannya secara bersama-sama. Terakhir guru memberikan tugas kepada peserta didik agar menghafalkannya untuk setoran hafalan pada pertemuan berikutnya. 2) Faktor pendukung dalam pembelajaran antara lain: motivasi peserta didik untuk bisa membaca dan menghafalkan mufradât, Kitab Syi’ir bahasa Arab menggunakan bahasa Jawa, Krama dan Ngoko serta bahasa Indonesia yang sudah akrab ditelinga para peserta didik, pembelajaran menggunakan metode mengiramakan mufradât sehingga memudahkan peserta didik untuk menghafal, dan para peserta didik senang dengan apa yang mereka pelajari. 3) Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu: adanya perbedaan kemampuan peserta didik dalam menghafalkan mufradât, adanya peserta didik yang susah diatur dan asyik bermain sendiri, serta adanya faktor kemalasan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Pembelajaran, Mufradât, Kitab Syi’ir
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Neda Ana Munsifati
Date Deposited: 22 Dec 2022 08:06
Last Modified: 22 Dec 2022 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17193

Actions (login required)

View Item View Item