DARK COMEDY SEBAGAI MEDIA DAKWAH: STUDI ANALISIS WACANA KRITIS PESAN DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE PEMUDA TERSESAT

Gendin Mohamad Ramadhan, Alfisyahrin (2022) DARK COMEDY SEBAGAI MEDIA DAKWAH: STUDI ANALISIS WACANA KRITIS PESAN DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE PEMUDA TERSESAT. Skripsi thesis, UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1717102061 (FIX).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dark comedy kini tidak hanya dilakukan seseorang dalam pertunjukan saja, namun kini genre komedi tersebut dimanfaatkan salah satu da’i sebagai bumbu untuk menyampaikan pesan dakwahnya melalui video di YouTube. YouTube menjadi salah satu media yang digemari oleh sebagian masyarakat. Karena YouTube menyediakan berbagai macam video yang kita tidak akan takut untuk ketinggalan, lantaran kita bisa menontonnya kapan dan dimana saja. Peneliti menemukan salah satu da’i yang memanfaatkan hal tersebut untuk menyebarkan dakwah Islam, yaitu Habib Husein Ja’far Al Hadar yang berkolaborasi dengan kedua comica, Tretan Muslim dan Coki Pardede membuat konten yang bernama Pemuda Tersesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi teks yang mengkontruksikan wacana tentang pesan dakwah dark comedy pada channel Youtube Pemuda Tersesat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis wacana dengan pendekatan kritis Teun A. Van Dijk. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan telaah dokumen untuk melengkapi data-data yang akan diteliti. Objek dari penelitian ini yaitu lima video dengan jumlah view terbanyak pada channel YouTube Pemuda Tersesat yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Peneliti menyimpulkan bahwa kelima video tersebut dengan jelas mewacanakan nilai pesan dakwah yang dibaluri dengan dark comedy. Nilai pesan dakwah tersebut ialah pesan dakwah mengenai syariah, tauhid, dan beribadah. Namun penelitian ini mempunyai kekurangan pada tahap kognisi sosial dikarekan terdapat suatu kendala untuk menguhubungi narasumber.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana, Pesan Dakwah, Channel YouTube Pemuda Tersesat.
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Gendin Mohamad Ramadhan Alfisyahrin sdr
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:18
Last Modified: 22 Dec 2022 03:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17177

Actions (login required)

View Item View Item