Nilai Pendidikan Moral Dalam Film MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta) Karya Sahrul Gibran dan Relevansinya dengan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah

Billy Noor Muhammad, Al Bahreisy (2022) Nilai Pendidikan Moral Dalam Film MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta) Karya Sahrul Gibran dan Relevansinya dengan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL BILLY NOOR_105315_032246-1.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Berbicara tentang nilai pendidikan moral memang sebuah pembahasan kompleks. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang bagaimana hubungan nilai pendidikan moral yang terdapat dalam sebuah film dengan metode sistem pembelajaran yang ada di Madrasah Ibtidaiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berjenis penelitian kepustakaan. Adapun dalam pemilihan objek penelitian ini adalah berdasarkan film MARS atau Mimpi Ananda Raih Semesta. Film ini menjelaskan tentang bagaimana sebuah perjuangan seorang ibu yang memperjuangkan pendidikan anaknya sampai dia bisa berkuliah di luar negeri. Film Mars dipilih karena secara umum telah mempunyai alur cerita yang membahasa tentang pendidikan. Sehingga, dari garis besar pembahasan yang terdapat dari film ini lah yang menjadi alasan dasar dipilih sebagai objek kajian yang ada pada penelitian ini. Dari hal ini maka pengembangan pembahasan semakin lebar. Dimana dalam penelitian ini penulis membahas tentang bagaimana nilai pendidikan moral yang terkandung dalam film Mars. Nilai pendidikan moral sendiri dapat diartikan sebuah nilai yang terkandung dalam film yang mengandung pendidikan moral. Dimana pendidikan moral merupakan sebuah sistem pemahaman dalam pembentukan moral bagi peserta didik. Selain itu, penulis juga menghubungkan atau merelevansikan nilai pendidikan moral yang ada dan yang penulis temukan dengan sistem pembelajaran yang ada di Madrasah Ibtidaiyyah. Secara teori ada dua sistem pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyyah yang penulis cantumkan, yaitu metode pembelajaran aktif dan metode pembelajaran mandiri. Metode pembelajaran aktif merupakan sebuah metode pembelajaran yang outputnya menjadikan peserta didik aktif dalam pembelajaran yang dilakukan. Sehingga bagaimanapun caranya ketika bertujuan agar peserta didik aktif maka disebut sistem pembelajaran aktif. Begitupun sebaliknya terkait metode penelitian mandiri yang lebih dominan peserta didik memilih sistem dan instrumen pembelajaran. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Moral, Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Moral, Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyyah
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Billy Noor Muhammad Al Bahreisy
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:02
Last Modified: 30 Dec 2022 08:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17137

Actions (login required)

View Item View Item