KOMUNIKASI PEMASARAN OUTLET SAMBEL LAYAH PURWOKERTO DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Desy, Retno Ningrum (2022) KOMUNIKASI PEMASARAN OUTLET SAMBEL LAYAH PURWOKERTO DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DESY RETNO NINGRUM_KOMUNIKASI PEMASARAN OUTLET SAMBEL LAYAH DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bisnis kuliner merupakan salah satu bidang usaha yang banyak diminati oleh pelaku usaha. Segala perubahan yang disebabkan oleh kemajuan teknologi dan para pesaing yang banyak bermunculan menjadi perhatian penting untuk pebisnis yang ingin mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan yang dimiliki. Terlebih pada kurun waktu dua sampai tiga tahun terakhir Indonesia dilanda sebuah pandemic Covid-19 yang membuat dunia menjadi gempar. Pandemi itu mampu melumpuhkan segala aktivitas masyarakat karena adanya upaya pencegahan penularan virus dengan membatasi semua kegiatan. Keadaan semacam itu menjadi tantangan khusus bagi pelaku usaha untuk terus memutar otak agar usahanya tidak lenyap. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaiamana komunikasi pemasaran yang dilakukan Sambel Layah dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di masa pandemi menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut berasal dari sumber data primer dan sekunder. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, dan juga menggunakan triangulasi data untuk menguji kembali data yang telah diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Outlet Sambel layah menggencarkan kegiatan komunikasi pemasaran yang mencakup periklanan, personal selling, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran secara langsung dengan menerapkan kaidah-kaidah islam pada prinsip pemasarannya. Serta sambel layah telah meluncurkan sebuah inovasi yang memanfaatkan jaringan internet di dalamnya. Inovasi tersebut yaitu Yuks Delivery, yang merupakan sebuah armada yang sambel layah sediakan guna memfasilitasi para pelanggan yang ingin melakukan transaksi tanpa harus datang ke outlet dengan harga yang sama. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi, Pelanggan, Sambel Layah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi, Pelanggan, Sambel Layah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Desy Retno Ningrum sdri
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:15
Last Modified: 16 Dec 2022 03:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17122

Actions (login required)

View Item View Item