MOTIF DAN DAMPAK PERNIKAHAN DINI PADA PEREMPUAN (STUDI KASUS DI DESA JATILAWANG KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA)

Elsa, Viona (2022) MOTIF DAN DAMPAK PERNIKAHAN DINI PADA PEREMPUAN (STUDI KASUS DI DESA JATILAWANG KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFFUDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ELSA VIONA_MOTIF DAN DAMPAK PERNIKAHAN DINI PADA PEREMPUAN (Studi Kasus di Desa Jatilawang Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara).pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Fenomena pernikahan dini banyak terjadi di Indonesia. Pernikahan dini di Indonesia menduduki peringkat ke 37 di dunia dan peringkat ke 2 di Asia Tenggara. Penyebab pernikahan dini sangat bervariasi seperti masalah rendahnya pendidikan, ekonomi, pergaulan bebas, tradisi atau budaya, agama, dan lain-lain. Pernikahan dini masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat karena sebagian masyarakat memandang terdapat dampak positif dari pernikahan dini namun sebagian masyarakat juga memandang pernikahan dini justru lebih banyak dampak negatifnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif dan dampak pernikahan dini pada perempuan di Desa Jatilawang Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif pernikahan dini pada pelaku yaitu merasa sudah siap, menghindari zina, tidak bisa melanjutkan sekolah karena terkendala biaya, dorongan orang tua dan keluarga serta pengetahuan yang rendah. Dampak positif pernikahan dini pada pelaku yaitu terhindar dari zina, mengurangi beban ekonomi keluarga, memiliki teman hidup, mendapatkan rasa kasih sayang dan perhatian dari suami, memiliki teman curhat atau berkomunikasi, memiliki keturunan, dewasa dan mandiri sedangkan dampak negatif pernikahan dini pada pelaku yaitu KDRT, perselingkuhan, perceraian, adanya keinginan untuk bercerai, adanya penyesalan setelah menikah, suami belum dewasa dan mandiri, penghasilan suami belum mencukupi, ketidakcocokan dengan mertua, merasa lelah fisiknya, bayi tidak berkembang dan terlalu kecil ketika di dalam kandungan, bayi premature dan keguguran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Pernikahan Dini dan Motif
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Elsa Viona sdri
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:49
Last Modified: 14 Dec 2022 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17117

Actions (login required)

View Item View Item