EKPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KESENIAN EBEG CIPTO TARUNGGO KARYO DALAM GEOMETRI

Nisvi, Mahabah (2022) EKPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KESENIAN EBEG CIPTO TARUNGGO KARYO DALAM GEOMETRI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nisvi Laelatul Mahabah_Eksplorasi Etnomatematika pada Kesenian Ebeg Cipto Tarunggo Karyo dalam Geometri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Etnomatematika merupakan suatu ilmu yang menghubungkan antara matematika dengan budaya. Beragam kesenian yang dimiliki Kabupaten Banyumas, salah satunya adalah kesenian ebeg. Kesenian ebeg merupakan tari daerah Banyumasan yang menggunakan boneka yang terbuat dari anyaman bambu dan kepalanya diberi ijuk sebagai rambut. Tarian Ebeg di daerah Banyumas menggambarkan prajurit perang yang sedang menunggang kuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep-konsep geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Proses pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Spradley yaitu, analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema kultural. Konsep-konsep geometri yang dapat diidentifikasi pada kesenian ebeg adalah bangun datar yang terdiri dari persegi, persegi panjang, lingkaran, dan trapesium sama kaki. Bangun ruang terdiri dari setengah bola. Transformasi geometri terdiri dari dilatsi, translasi, dan rotasi. Garis dan sudut terdiri dari garis sejajar, sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul. Dalam kesenian ebeg sendiri juga memiliki aktivitas etnomatematika diantaranya yaitu aktivitas mengukur terdapat pada alat pengiring ebeg yang terdiri dari kendang, saron, kenong, dan gong. Aktivitas mendesain terdapat pada kuda lumping. Aktivitas bermain yaitu terdapat pada kondisi tempat pertunjukan, dan kondisi saat pertunjukan ebeg. Pada sesaji, mendem, dan tarian termasuk pada aktivitas menjelaskan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru dalam penerapan pembelajaran kontekstual yang berkaitan dengan pembelajaran geometri yang berasal dari lingkungan yang ada disekitar peserta didik serta sebagai penjelasan kepada peserta didik bahwa pembelajaran matematika dapat dikaitkan dengan kesenian yang ada disekitar peserta didik khususnya kesenian ebeg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Kesenian ebeg, Geometri
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nisvi Laelatul Mahabah
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:17
Last Modified: 14 Dec 2022 01:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17106

Actions (login required)

View Item View Item