ANALISIS PENGARUH PRAKTIK MICRO TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2018

Muhardiant, Wafiq Nur Azizah (2022) ANALISIS PENGARUH PRAKTIK MICRO TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2018. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhardiant Wafiq Nur Azizah_ANALISIS PENGARUH PRAKTIK MICRO TEACHING.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui analisis adanya pengaruh praktik micro teaching terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto program studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2018. Keterampilan dasar mengajar pada penelitian ini berfokus pada keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam yang pernah melaksanakan praktik micro teaching dengan total keseluruhan sebanyak 249 mahasiswa. Setelah penyebaran angket dilakukan ternyata hanya 145 angket yang kembali. Dari 145 angket ada satu angket mahasiswa yang tidak pernah melakukan praktik micro teaching sehingga sampel yang akan diolah menggunakan rumus slovin sebanyak 144 dan didapat hasil 106 mahasiswa yang menjadi sampel. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil dari analisis uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara praktik micro teaching terhadap keterampilan membuka dan menutup pelajaran (keterampilan membuka dan menutup pelajaran) yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya ketika mahasiswa mampu melaksanakan praktik micro teaching dengan baik maka keterampilan dasar mengajar mahasiswa tersebut pun akan menjadi baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Praktik Micro teaching, Keterampilan Dasar Mengajar, Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 370.7 Research and Statistical Methods
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhardiant Wafiq Nur Azizah
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:16
Last Modified: 13 Dec 2022 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17087

Actions (login required)

View Item View Item