METODE PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF ANAK (TELAAH BUKU PROPHETIC PARENTING)

Elda Aulia, Rahmania (2022) METODE PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF ANAK (TELAAH BUKU PROPHETIC PARENTING). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Elda Aulia Rahmania_Metode Pengembangan Aspek Kognitif Anak (Telaah Buku Prophetic Parenting).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode pengembangan kognitif anak adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan untuk mengubah atau meningkatkan pola pikir, bahasa dan kecerdasan anak, atau segala sesuatu yang berkaitan dengan otak dan intelegensi. Beriringan dengan semakin tumbuh dan kembangnya syaraf dan organ anak. Penelitian ini bertujuan mencari metode pengembangan kognitif anak yang ada di dalam buku Prophetic Parenting, kemudian hasil buku ini diharapkan dapat dijadikan referensi tambahan dalam mengembangkan aspek kognitif anak dalam kehidupan bermasyarakat. Mengingat anak adalah generasi penerus bangsa, agent of change, maka tumbuh kembangnya sangatlah penting dan perlu dimaksimalkan. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu teknik dokumenter, dengan sumber data primer berupa buku Prophetic Parenting karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dan Cerdas ala Rasulullah karya Nasiruddin. Dan juga sumber data sekunder yaitu buku Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam karya Armai Arief, buku Metodik khusus: Pengajaran Agama Islam karya Zakiyah Darajat, buku Teori-teori Psikologi karya Matt Jarvis, dan beberapa sumber sekunder lainnya. Hasil penelitian ini yaitu di dalam buku Prophetic Parenting disajikan metode pengembangan aspek kognitif anak dimulai dari pra-pernikahan (kriteria dalam memilih suami dan istri), pernikahan (berdoa sebelum berhubungan dan mempersiapkan diri menjadi orangtua yang sholeh dan sholehah), hingga pasca melahirkan yaitu upaya mengembangkan seluruh aspek anak khususnya aspek kognitif dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode kisah, metode diskusi/dialog, metode tanya jawab, metode ceramah/nasihat, metode pengawasan dan metode penghargaan. Beserta relevansi metode pengembangan kognitif anak dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pengembangan Kognitif, Anak, Buku Prophetic Parenting
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.6 Cerita-Cerita Hadits
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.1 Zaman Nabi Muhammad saw
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Elda Aulia Rahmania
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:11
Last Modified: 13 Dec 2022 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17073

Actions (login required)

View Item View Item