PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SURAH AR-RAHMAN AYAT 1-30

Nur Azizah, Endah Sari (2022) PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SURAH AR-RAHMAN AYAT 1-30. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR AZIZAH ENDAH SARI_PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SURAH AR-RAHMAN AYAT 1-30.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya kesenjangan antara kemajuan teknologi dan kesiapan masyarakat khususnya peserta didik menyebabkan maraknya dekadensi akhlak. Setiap terjadi dekadensi akhlak, sosok guru menjadi sorotan dan tuduhan tidak berkompeten dalam mendidik generasi bangsa, sehingga profesionalitas guru dipertanyakan secara kritis mulai dari kepribadiannya, penguasaan ilmu, metodologi, dan komunikasinya. Selain itu, masih banyak permasalahan pendidikan yang menyangkut sosok guru. Sebagai contohnya, banyaknya tindakan amoral dan kekerasan fisik dan psikis yang dilakukan oleh guru kepada peserta didiknya dan masih rendahnya kompetensi dan kinerja guru dalam berbagai jenjang pendidikan yang ditunjukkan dengan banyaknya guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, kurangnya kreatifitas guru dalam proses pembelajaran, tidak memperhatikan administrasi pembelajaran. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk menjadi sosok yang profesional. Profesionalitas guru dapat dilihat dari berbagai sisi, salah satu cara untuk mengetahui profesionalitas guru dapat dikaji dari Al-Qur’an surah Ar-Rahmān. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam menurut Surah Ar-Rahmān ayat 1-30. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dengan sumber data yang diperoleh dari kitab Al-Qur’an surah Ar-Rahmān dan Tafsir Kementrian Agama RI Jilid IX yang berjudul Al-Qur’an & Tafsirnya cetakan tahun 2010 sebagai sumber primer, dan sumber sekunder berupa buku, jurnal, dan dokumen lain yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tahlili (analisis). Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa profesionalitas guru pendidikan Agama Islam dalam Surah Ar-Rahmān ayat 1-30 meliputi: (1) Kompetensi pedagogik yang terdapat pada ayat 3, 5&17, 10-12, dan 22; (2) Kompetensi kepribadian yang terdapat pada ayat 1, 19&20; (3) Kompetensi sosial yang terdapat pada ayat 4; (4) Kompetensi profesional yang terdapat pada ayat 2; (5) Kompetensi spiritual yang terdapat pada ayat 6, 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 26&27; (6) Kompetensi leadership yang terdapat pada ayat 7-9, dan 24. Kata Kunci: Profesionalitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Surah Ar-Rahmān

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Surah Ar-Rahmān
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.32 Tafsur Sunni (Tahlili, Bil Ma'tsur, Bir Ra'yi, Falsafi, Sufi)
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Azizah Endah Sari Sdri
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:13
Last Modified: 08 Dec 2022 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17050

Actions (login required)

View Item View Item