ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH SANTRI MAHASISWA PTKI DAN PTU (SURVEI PADA SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN AL QUR’AN AL AMIN)

Melyanti, Putri (2022) ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH SANTRI MAHASISWA PTKI DAN PTU (SURVEI PADA SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN AL QUR’AN AL AMIN). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Melyantiputri_analisis perbedaan tingkat literasi keuangan syariah santri mahasiswa PTKI dan PTU (Survei pada santri mahasiswa pondok pesantren al qur'an al amin).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu tingkat pengetahuan keuangan syariah santri mahasiswa PTKI dan santri mahasiswa PTU Pondok Pesantren Al Qur’an Al Amin (PPQ Al Amin), selain itu untuk mengetahui perbedaan tingkat literasi keuangan syariah santri mahasiswa PTKI dan PTU PPQ Al Amin. Sumber pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu santri mahasiswa PPQ Al Amin yang berkuliah di PTKI dan PTU di purwokerto. Pengambilan sempel menggunakan Teknik purposive sampling dengan penentuan jumlah sempel menggunkan Teknik slovin. Jumlah sempel pada penelitian ini adalah 80 santri mahasiswa PTKI dan 80 santri mahasiswa PTU Pondok Pesantren Al Qur’an Al Amin. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji beda. Hasil penelitian menunjukan tingkat literasi keuangan syariah santri mahasiswa PTKI dan PTU PPQ Al Amin berada pada katagori sedang (<80%) yang mana masuk dalam klasifikasi literasi keuangan yaitu sufficient literate yang berarti memiliki pengetahuan yang cukup kepada lembaga jasa keuangan beserta produk-produk jasa keuangan seperti memiliki fitur, paham manfaat, resiko, hak, dan kewajiban yang terkait dengan produk jasa keuangan , serta tidak ada perbedaan segnifikan pada tingkat literasi keuangan syariah antara keduanya. Kata kunci: tingkat literasi keuangan syariah, literasi keuangan syariah santri mahasiswa, perbedaan tingkat literasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat literasi keuangan syariah, literasi keuangan syariah santri mahasiswa, perbedaan tingkat literasi.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Melyanti putri sdr
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:50
Last Modified: 07 Dec 2022 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17039

Actions (login required)

View Item View Item