PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII

Rona, Dhiya Layli Iffah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RONADH~1.PDF

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis ialah kemampuan yang sangat penting bagi siswa dan menjadi modal awal dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran digital dapat menyajikan materi pembelajaran secara kontekstual dengan menarik dan interaktif yang berupa audio maupun visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran digital dengan pendekatan etnomatematika yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi segiempat kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran digital dengan pendekatan etnomatematika valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi segiempat kelas VII. Hasil validasi ahli materi dan konteks etnomatematika sebesar 80,83% dengan kriteria valid dan ahli media sebesar 96,25% dengan kriteria sangat valid. Respon terhadap produk berada pada kriteria sangat menarik, yakni kelompok kecil sebesar 86,82%, kelompok eksperimen sebesar 85,90% dan guru sebesar 93,33%. Adapun tafsiran N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen yaitu efektif dengan persentase 80,84%. Rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII yang dikenai media pembelajaran digital dengan pendekatan etnomatematika pada materi segiempat juga dinyatakan lebih dari siswa yang tidak dikenai media tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji independent sample t-test yakni nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen (0,81) > kelas kontrol (0,27).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Digital, Etnomatematika, Pemahaman Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rona Dhiya Layli Iffah
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:13
Last Modified: 07 Dec 2022 06:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17036

Actions (login required)

View Item View Item