PANDANGAN PENGHULU DAN TOKOH AGAMA KECAMATAN SAMPANG TENTANG PERKAWINAN ORANG DENGAN HIV (HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS)/AIDS (ACQUIRED IMMUNODEFICIENCY SYNDROME) (ODHA).

Arfan, Mutaqin (2022) PANDANGAN PENGHULU DAN TOKOH AGAMA KECAMATAN SAMPANG TENTANG PERKAWINAN ORANG DENGAN HIV (HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS)/AIDS (ACQUIRED IMMUNODEFICIENCY SYNDROME) (ODHA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ARFAN MUTAQIN_PANDANGAN PENGHULU DAN TOKOH AGAMA KECAMATAN SAMPANG TENTANG PERKAWINAN ORANG DENGAN HIV (HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS)AIDS (ACQUIRED IMMUNODEFICIENCY SYNDROME) (ODHA).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkawinan merupakan sunnatullah dan kehendak dari setiap manusia yang hanya dapat dilaksanakan ketika sudah terpenuhi syarat dan rukun perkawian baik secara hukum Islam maupun perundang-undangan di Indonesia. Kemudian bagaimana hukum perkawinan yang dilaksanakan orang yang menderita penyakit HIV/AIDS yang mungkin akan membahayakan bagi kelangsungan perkawinan, pasangan, maupun keturunan selanjutnya. Penyusun memperoleh data melalui Dinkes Kabupaten Cilacap, serta melakukan wawancara dengan penghulu KUA Kec. Cilacap Tengah dan KUA Kec. Sampang serta tokoh agama. Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan normtif dan yuridis. Setelah data terkumpul metode analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan metode induktif dan interpretatif. menganalisis data yang berasal dari fakta-fakta khusus dan peristiwa kongkret kemudian digeneralisasikan dan menafsirkan secara objektif. Berdasarkan fakta-fakta di lapangan yang dikaji menggunakan metode dan pendekatan di atas diperoleh hasil bahwa mayoritas para penghulu dan tokoh agama berpendapat dalam hukum Islam dan perundang-undangan di Indonesia tidak ditemukan adanya larangan bagi ODHA untuk menikah dan hukum perkawinan yang dilaksanakan oleh ODHA adalah mubah sebagai mana hukum awal perkawinan ada juga yang berpendapat pernikahan tersebut haram dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HIV/AIDS, Hukum Islam, Perundang-Undangan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.81 Marriage (Perkawinan)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: ARFAN MUTAQIN sdr
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:01
Last Modified: 30 Nov 2022 06:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16989

Actions (login required)

View Item View Item