Naelil, Muna (2022) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI KELAS VIII SMP N 4 SATU ATAP KEDUNGREJA CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Naelil Muna_Pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Soal Highher Order Thinking Skill (HOTS) di Kelas VIII SMP N 4 Satu Atap Kedungeja Cilacap.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa pada soal Higher Order Thinking Skil (HOTS) di kelas VIII SMP N 4 Satu Atap Kedungreja Cilacap. Kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa untuk berpikir dalam menyelesaikan soal-soal matematika maupun permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemahaman matematis merupakan kemampuan yang menunjang kemampuan-kemampuan matematis lain untuk dikuasai oleh siswa. Salah satu dari faktor eksternal yang mempengaruhi tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa adalah metode pembelajaran yang digunakan. Peneliti memilih untuk menerapkan strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemahaman matematis, yaitu metode pembelajara tutor sebaya (peer teaching). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada soal Higher Order Thinking Skil (HOTS) di kelas VIII SMP N 4 Satu Atap Kedungreja Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimen dengan pendekatan kuantitatif dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Satu Atap Kedungreja Cilacap yang terdiri dari kelas VIII A berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal tes untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis siswa. Diambil dari hasil uji N-Gain, diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan dalam kategori sedang, yaitu dengan perolehan 0,30 < N-Gain < 0,70 yakni dengan rata-rata 0,5874 dalam kategori peningkatan cukup efektif. Sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan dalam kategori rendah, yaitu dengan perolehan 0,00 < N-Gain < 0,30 yakni dengan rata-rata sebesar 0,2637 dalam kategori peningkatan tidak efektif. Dengan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada soal HOTS di kelas VIII SMP N 4 Satu Atap Kedungreja Cilacap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tutor Sebaya, Pemahaman Matematis, HOTS, Matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 509 Historical, areas, persons treatment 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Sdri Naelil Muna |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 02:24 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 02:24 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16966 |
Actions (login required)
View Item |