NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA DAN RELEVANSINYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Merna Sofiah, Mufidah (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA DAN RELEVANSINYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MERNA SOFIAH MUFIDAH_1817405120_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA DAN RELEVANSINYA PADA ANAK USIA SD-1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada era globalisasi ini, kasus kemerosotan moral banyak terjadi pada generasi muda. Seperti kenakalan remaja, kasus school bullying serta perbuatan menyimpang lainnya yang banyak terjadi di sekitar kita. Oleh karena itu upaya untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan menanamkan pendidikan karakter kepada anak sedini mungkin. Pendidikan karakter dapat diterapkan di lingkungan sekolah, lingkungan rumah, dan juga lingkungan masyarakat. Untuk dapat memberikan pendidikan karakter bisa diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya adalah novel. Salah satu novel yang di dalamnya memiliki nilai-nilai pendidikan karakter yaitu novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai Pendidikan karakter yang ada dalam novel Negeri 5 Menara dan relevansinya pada anak usia sekolah dasar. Alasan penulis memilih novel Negeri 5 Menara ini sebagai objek penelitian karena dalam novel ini memberikan cerita yang menarik, mendidik, menghibur dan sangat inspiratif. Oleh karena itu novel ini sangat tepat untuk diteliti terutama mengenai nilai-nilai Pendidikan karakter yang ada pada novel sehingga mampu memberikan contoh kepada semua orang termasuk untuk anak usia sekolah dasar. Sehingga generasi muda tidak mudah terbawa oleh dampak buruk kemajuan globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yang berupa novel Negeri 5 Menara dan sumber data sekunder berupa buku, artikel, dan sumber data lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang mengandung serta menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca, mengamati, dan mencatat. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis isi (content analysis ). Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, ditemukan kesimpulan. Bahwa dari 18 nilai Pendidikan karakter yang diidentifikasi oleh Kemendiknas, ditemukan 15 nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Negeri 5 Menara yaitu: religius, disiplin, kerja keras, mandiri, tanggung jawab, jujur, toleransi, kreatif, gemar membaca, cinta tanah air dan semangat kebangsaan, bersahabat dan komunikatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, dan peduli sosial.Yang mana dari nilai karakter tersebut memiliki relevansi pada anak usia sekolah dasar. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Negeri 5 Menara, Anak Usia Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Negeri 5 Menara, Anak Usia Sekolah Dasar.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Merna Sofiah Mufidah sdri
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:55
Last Modified: 28 Nov 2022 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16958

Actions (login required)

View Item View Item