PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN OLAHRAGA KELAS V DI MI WATHONIYAH GLEMPANG KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA

Akhfid, Khoirul Fahmi (2022) PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN OLAHRAGA KELAS V DI MI WATHONIYAH GLEMPANG KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Akhfid Khoirul Fahmi_Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Pada Siswa Melalui Pembelajaran Olahraga Kelas V di MI Wathoniyah Glempang Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kecerdasan kinestetik siswa dapat distimulasi dengan berbagai kegiatan, salah satunya yakni melalui pembelajaran olahraga, dengan melakukan pembelajaran olahraga dapat mengembangkan koordinasi dan ketangkasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan kecerdasan kinestetik pada siswa melalui pembelajaran olahraga kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Glempang Mandraja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumen yang dianalisis dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian adalah pengembangan kecerdasan kinestetik melalui pembelajaran olahraga siswa kelas V di MI Wathoniyah Glempang dilaksanakan melalui kegiatan atletik, senam dan permainan dalam rangka mengembangkan keceradan kinestetik pada aspek koordinasi anggota tubuh, kelincahan dan fleksibilitas, kekuatan dan keseimbangan badan serta koordinasi mata tangan dan juga kaki, yakni koordinasi dalam gerakan untuk melatih keseimbangan, kelenturan dan kelincahan yang ditunjukkan adanya kemampuan siswa untuk membangun hubungan yang penting antara pikiran dengan tubuh, menyebabkan tubuh dapat merepon objek dan menghasilkan gerakan yang lebih sempurna. Materi dan metode pengembangan kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran olahraga siswa kelas V di MI Wathoniyah Glempang mencakup materi pokok meliputi atletik, senam, permainan dan pendidikan kesehatan dan materi pilihan meliputi materi yang ditentukan guru sesuai kondisi madrasah seperti renang, pencak silat, tenis meja dan lain sebagainya. Metode pengembangan kecerdasan kinestetik melalui pembelajaran olahraga adalah metode bermain dan permainan digunakan untuk menyampaikan materi atletik, senam dan permainan dengan menempatkan siswa sebagai subjek pembelajaran. Selanjunya metode penjelajahan gerak digunakan untuk memberi kebebasan kepada siswa dalam mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya dengan mengeksplorasi gerakan sesuai kemampuan, kemauan dan tingkat perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Kinestetik, Pembelajaran Olahraga
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AKHFID KHOIRUL FAHMI sdr
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:33
Last Modified: 28 Nov 2022 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16955

Actions (login required)

View Item View Item