NILAI-NILAI SOSIAL DALAM FILM DOKUMENTER NEGERI DI BAWAH KABUT SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Umi, Parmiati (2022) NILAI-NILAI SOSIAL DALAM FILM DOKUMENTER NEGERI DI BAWAH KABUT SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi fiks Umi Parmiati_ PAI_1817402255.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nilai sosial merupakan gabungan pengertian dari sebuah nilai dan sosial, sehingga nilai sosial merupakan suatu perilaku yang berharga, bermanfaat, dianggap baik/buruk yang melekat dalam diri seseorang dan diterapkan dalam bermasyarakat. Nilai sosial dapat dipelajari bukan hanya dari kehidupan nyata di masyarakat, namun juga dari dalam karya sastra seperti film, salah satunya film dokumenter Negeri di Bawah Kabut. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengangkat tema mengenai nilai sosial dalam film Negeri di Bawah Kabut yang kemudian di relevansikan dalam pendidikan agama islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai sosial yang terkandung dalam film dokumenter Negeri di Bawah Kabut serta mengetahui relevansi nilai-nilai sosial terhadap pendidikan agama islam. Sehigga dalam hal ini bisa bermanfaat untuk pendidik mempersiapkan nilai-nilai sosial yang baik untuk peserta didik ketika di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library reaserch. Objek penelitian yang digunakan dalam film dokumenter Negeri di Bawah Kabut adalah nilai-nilai sosial dan relevansinya terhadap pendidikan agama islam. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara dokumentasi, dengan cara pengambilan gambar atau melalui peninggalan tertulis untuk memperoleh data langsung yang meliputi buku-buku, jurnal, artikel, film dokumenter serta data lainnya. Hasil dari penelitian ini bahwa dalam film dokumenter ada 13 nilai sosial yaitu berbakti terhadap orang tua, kasih sayang, kesetiaan, kerja keras, pantang menyerah, saling berbagi, mengaji, ramah, kekeluargaan, tanggung jawab, simpati dan empati transaksi dalam jual beli adil, dan keimanan serta keyakinan. Relevansi nilai sosial terhadap pendidikan agama islam yaitu nilai pendidikan akidah, akhlak serta ibadah. Kata kunci: nilai sosial, film, pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai sosial, film, pendidikan agama islam
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umi Parmiati
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:21
Last Modified: 28 Nov 2022 01:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16950

Actions (login required)

View Item View Item