KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS 1 DI MI TARBIYATUL AULAD KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Aziz, Kurniawan (2022) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS 1 DI MI TARBIYATUL AULAD KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aziz Kurniawan_Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Kelas 1 di MI Tarbiyatul Aulad Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kreativitas guru tentu sangat diperlukan sebagai upaya menghasilkan kualitas pembelajaran serta Pendidikan yang baik, seorang guru dituntut tidak hanya mampu menguasai materi dalam pembelajaran saja akan tetapi harus mampu mengelola kelas dengan baik. Ketika pembelajaran di dalam kelas, guru tentu dapat menciptakan suatu kondisi belajar, media, metode pembelajaran yang nantinya dilakukan untuk membangun semangat belajar dari peserta didik dalam belajar agar kegiatan pemebelajaran dikelas tidak membosankan dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kreativitas guru dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas 1 MI Tarbiyatul Aulad Desa Sibalung Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunaan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Tarbiyatul Aulad Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru Bahasa Arab kelas 1. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 1 meliputi kreativitas dalam penggunaan metode pembelajaran , kreativitas dalam pengelolaan kelas serta kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran. Selain itu juga terdapat faktor pendukung dan penghambat dari kreativitas guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 1. Adapaun faktor pendukung kreativitas guru di kelas 1 MI Tarbiyatul Aulad terdiri dari faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal tersebut berupa dukungan dari sekolah, dukungan dari peserta didik dan dukungan dari guru lain. Sedangkan faktor internalnya berupa guru mempunyai ketekunan dalam belajar, mempunyai semangat yang tinggi dalam mengajar. tidak hanya itu terdapat juga faktor penghamabat dalam kreativitas guru di kelas 1 yaitu adanya rasa putus asa dan kurang percaya diri yang mengganggap bahwa pembelajaran Bahasa Arab inilah yang menjadi penghambat serta kurangnya kepekaan guru dalam melihat lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aziz kurniawan sdr
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:38
Last Modified: 25 Nov 2022 06:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16945

Actions (login required)

View Item View Item