PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 2 PAGERALANG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Wahdatus, Solikhah (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 2 PAGERALANG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wahdatus Solikhah_Pengaruh Metode Pembelajaran Daring (1) (1) (1).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan metode pembelajaran daring adalah sebuah cara atau teknik guru dalam kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh dengan memanfaatkan sebuah alat elektronik seperti komputer, Hp, dan lainnya yang terkoneksi dengan jaringan internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eks facto, dimana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika peneliti mulai dengan variabel-variabel terikat dalam suatu penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas 5 SDN 2 Pageralang berjumlah 13 siswa, dengan mengambil sub populasi dari semua populasi karena obyek penelitian hanya 13 siswa. Pengumpulan data yang digunakan ialah instrument pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rumus wilcoxon non parametrik. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SDN 2 Pageralang tentang pengaruh metode pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa ada pengaruh metode pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa, jika dilihat dari nilai signifikan diperolah yaitu 0,0003 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara metode pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SDN 2 Pageralang Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Serta berdasarkan dengan uji N-Gain Score diperoleh nilai rata-rata 0,6885 dan N-Gain Persen diperoleh 68,8462 atau 68,8%. Dimana pada angka 68,8 % termasuk pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wahdatus Solikhah sdri
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:03
Last Modified: 21 Nov 2022 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16924

Actions (login required)

View Item View Item