MOTIF DAN PERILAKU MENONTON FILM ONLINE MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF TEORI USES AND GRATIFICATIONS (STUDI PADA MAHASISWA UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Afifah, Asyun Meivina (2022) MOTIF DAN PERILAKU MENONTON FILM ONLINE MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF TEORI USES AND GRATIFICATIONS (STUDI PADA MAHASISWA UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Afifah Asyun Meivina_MOTIF DAN PERILAKU MENONTON FILM ONLINE MAHAASISWA DALAM PERSPEKTIF TEORI USES AND GRATIFICATIONS (Studi pada Mahasiswa UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan adanya perkembangan zaman, gadget sudah berkembang sangat luas selain untuk memperoleh informasi yang juga difungsikan sebagai alat komunikasi juga ditambahkan berbagai fitur yang memungkinkan penggunanya melakukan berbagai kegiatan mulai dari berkomunikasi lewat telfon, berkirim pesan, foto dan berbagai macam fitur yang ada seperti bermain game, mendengarkan musik hingga menonton film. Dengan adanya fenomena demam streaming yang terjadi serta penggunaan aplikasi penyedia film kini semakin banyak diminati dimasyarakat, penulis tertarik melakukan penelitian ini yang dalam penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku serta motif yang digunakan mahasiswa UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dengan menggunakan Teori Uses and Gratification. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menjelaskan data dengan mendalam. Sampel penelitian dipilih secara purporsive dengan melibatkan empat mahasiswa UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri Purwokerto. Metode analisis yang digunakan yakni metode analisis kualitatif dimana data dikumpulkan melalui wawancara non terstruktur secara online maupun offline dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif, perilaku, dan kepuasan mahasiswa terhadap menonton film online berbeda. Terlihat bahwa siswa menonton film berdasarkan lima kebutuhan, tiga informan menggunakan kebutuhan kognitif untuk mencari informasi, dan bahwa kebutuhan afektif dipuaskan keseluruhan dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Hanya satu informan yang dapat memenuhi kebutuhan akan integrasi pribadi. Tiga informan memenuhi kebutuhan akan integrasi sosial. Kebutuhan akan pelepasan, yang memungkinkan informan untuk memilih film yang akan mereka tonton nanti untuk mengisi waktu luang, dimanfaatkan oleh semua informan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motif, Perilaku, Teori Uses and Gratifications
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
600 Technology (Applied sciences) > 601 Philosophy and theory
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: AFIFAH ASYUN MEIVINA sdri
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:12
Last Modified: 17 Nov 2022 07:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16921

Actions (login required)

View Item View Item