Pola Asuh Orang Tua Karir Dalam Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini (Studi Kasus Di RW 01 Desa Kedunggede Kecamatan Banyumas Kabupaten Bnayumas)

Nida' Amany, Thahirah (2022) Pola Asuh Orang Tua Karir Dalam Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini (Studi Kasus Di RW 01 Desa Kedunggede Kecamatan Banyumas Kabupaten Bnayumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nida'_Amany_Thahirah_Pola_Asuh_Orang_Tua_Karir_Dalam_Perkembangan_Perilaku_Sosial_Anak_Usia_Dini_(Studi_Kasus_Di_RW_01_Desa_Kedunggede_Kecamatan_Banyumas_Kabupaten_Bany[1].pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola asuh orang tua karir yang berpengaruh pada perkembangan perilaku sosial anak usia dini. Perilaku sosial anak menunjukkan bagaimana orang tua menerapkan pola asuh pada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pola asuh orang tua karir dalam perkembangan perilaku sosial anak usia dini di RW 01 Desa Kedunggede Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 5 keluarga dengan pola asuh demokratis dan 1 keluarga dengan pola asuh permisif. Pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua yaitu para orang tua selalu menjalin hubungan antara orang tua dan anak dengan mendorong anak untuk berani berbicara dan bercerita tentang apa yang dilakukan anak. Selain itu, para orang tua selalu mengenalkan anak pada lingkungan sekitar sehingga anak akan mudah borsosialisasi dan mudah berinteraksi dengan orang lain, serta mengenalkan pada anak sikap empati dan simpati dengan tujuan agar anak dapat menjadi lebih peka dengan lingkungan sekitar. Sedangkan pola asuh orang tua permisif cenderung pada kontrol orang tua yang masih kurang dan terlalu menuruti semua keinginan anak, serta kurangnya peraturan orang tua yang diterapkan pada anak. Selain itu, kurangnya ketegasan orang tua dalam mendidik anak sehingga orang tua terlalu memberi kebebasan pada anak. Perbedaan pola asuh ini menjadikan perkembangan perilaku sosial anak tumbuh secara berbeda-beda. Orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis, perkembangan perilaku sosial anak cenderung percaya diri, senang bercerita atau berinteraksi dengan orang lain, dan memiliki perasaan yang peka terhadap sekitar. Sedangkan orang tua yang menerapkan pola asuh permisif, perkembangan perilaku sosia anak cenderung manja, keras kepala, pemarah, dan tidak suka berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Orang Tua Karir, Perilaku Sosial Anak Usia Dini
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nida Amany Thahirah sdri
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:19
Last Modified: 21 Nov 2022 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16913

Actions (login required)

View Item View Item