IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MI MA'ARIF NU 1 DAWUHANWETAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Berliana, Agustina (2022) IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MI MA'ARIF NU 1 DAWUHANWETAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Berliana Nurlita Agustina_Implementasi Metode Tahfidz Al-Qur'an di MI Ma'arif NU 1 Dawuhanwetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Implementasi metode tahfidz Al-Qur’an merupakan penerapan mengenai cara menghafal Al-Qur’an. Metode tahfidz Al-Qur’an di MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan bertujuan agar proses dan tahapan program tahfidz al-Qur’an (Juz 30) berkesinambungan dan bersesuaian dengan kurikulum di Madrasah. Tahfidz di kelas VI memuat surat an-Nas sampai ad-Dhuha tidak sampai an-Naba’, dikarenakan sebelumnya tahfidz Al-Qur’an terkendala waktu pembelajaran yang berlangsung online karena adanya covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis data interaktif model Miles dan Hubermen yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai implementasi metode tahfidz Al-Qur’an di kelas VI MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan berhasil diterapkan. Keberhasilan guru dalam penerapan metode tahfidz Al-Qur’an di kelas VI dikarenakan guru melaksanakannya secara sistematis dan disiplin melalui 3 tahapan yaitu tahap perencanaan yang meliputi merumuskan tujuan metode tahfidz Al-Qur’an, memilih dan mengembangkan materi tahfidz Al-Qur’an, dan menentukan alokasi waktu. Tahap pelaksanaan menghafal Al-Qu’an dilaksanakan dengan menggunakan metode tahfidz. Tahap evaluasi dilakukan dengan evaluasi formatif yaitu mentaskhihkan/menyetorkan hafalan kepada Hafidzul Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Tahfidz Al-Qur’an, MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Berliana Nurlita Agustina sdri
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:12
Last Modified: 16 Nov 2022 06:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16910

Actions (login required)

View Item View Item