Wiji, Riskiyani (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Pror. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Wiji Riskiyani_Pengaruh Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Majeneng Kabupaten Cilacap.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resource based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Majenang Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Majenang Kabupaten Cilacap yang terdiri dari kelas VIII A sampai VIII J. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C dan VIII E. Variabel penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan uji t dan N-gain. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran resource based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Majenang. Dari hasil N-gain menunjukkan N-gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,623 yang dapat diklasifikasikan masuk kategori sedang, dan pada kelas kontrol mendapat skor rata-rata 0,160 yang diklasifikasikan masuk kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Resource Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Wiji Riskiyani |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 06:10 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 06:10 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16906 |
Actions (login required)
View Item |