PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DIPONEGORO 5 WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Yusabihu Risqi, Sucahyo (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DIPONEGORO 5 WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saizu Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I-Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YUSABIHU RISQI SUCAHYO_PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Diponegoro 5 Wangon Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Diponegoro 5 Wangon Kabupaten Banyumas yang berjumlah 115 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga menghasilkan 90 siswa sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian kemandirian belajar sebagai variabel bebas dan variabel kemampuan pemecahan masalah matematika sebagai variabel terikatnya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Diponegoro 5 Wangon Kabupaten Banyumas. Adapuan besarnya pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Diponegoro 5 Wangon Kabupaten Banyumas dapat dilihat pada koefisien determinan R Square yang diperoleh sebesar 0,438 yang artinya pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 43,8%, sedangkan sisanya 56,2% dipengaruhi oleh faktor lain selain kemandirian belajar. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Yusabihu Risqi Sucahyo
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:29
Last Modified: 11 Nov 2022 07:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16900

Actions (login required)

View Item View Item