SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MI ISLAMIYAH KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Mar'ie Ahmad, Syauqi (2022) SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MI ISLAMIYAH KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAR’IE AHMAD SYAUQI_1617503026_SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MI ISLAMIYAH KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (895kB) | Preview
Official URL: http://www.sejarahperkembanganMIISLAMIAHKROYA.COM/...

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Madrasah Ibtidaiyah tersebar seluruh wilayah Indonesia, salah satunya yaitu di Kecamatan Kroya. Di wilayah Kecamatan Kroya berdirilah beberapa Madrasah Ibtidaiyah baik yang swasta maupun negeri, salah satunya Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kroya yang berdiri di bawah Yayasan Masjid Darussalam. Dengan tokoh-tokoh yang sudah sukses dari MI tersebut. Selain itu, MI Islamiyah Kroya juga menjadi isnpirasi lahirnya MI lain seperti kegiatan yang dilakukan oleh MI, dari uraian-uraian diatas penulis tertarik mengkaji lebih dalam tentang “Sejarah dan Perkembangan MI Islamiyah Kroya Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap”. Penelitian ” Sejarah dan Perkembangan MI Islamiyah Kroya Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap” Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian sejarah karena di dalam penelitian membahas mengenai sejarah dan perkembagan Madrasah Ibtidaiyah Islamiyyah Kroya terhadap masyarakat setempat. Penelitian ini akan dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Awal sejarah dari Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kroya berawal dari tahun 1948, tahun dimana bangsa Belanda mulai dipaksa angkat kaki dari bumi Indonesia oleh tentara Jepang pada tahun 1942. Karena merasa terusik keamanannya ditahun itu, sebagian warga Kroya dan tokoh-tokoh umat Islam meninggalkan Kroya dan pindah ke kawasan lain yang dirasa aman. Dengan kondisi ibarat itu, seorang tokoh di Kroya berjulukan Bpk. Dulah Hadwi, Naib pada Kantor Kawin Kecamatan Kroya (KUA) berusaha mencari proteksi untuk tetap tegaknya fatwa islam, dan dalam usaha ini bapak Dulah Hadwi menerima teman usaha yaitu Bpk. R. Sapandi, Obseter (Kep. DPU) Kroya. Anjuran dia biar mendirikan Madrasah di Kauman Kroya, yaitu suatu sekolah yang khusus mengajarkan pelajaran-pelajaran Agama Islam pada bawah umur dengan keinginan tetap lestarinya fatwa Islam di Kroya sekaligus mencerdaskan tunas bangsa dalam rangka membantu pemerintah dan berlindung dari hal yang tidak diinginkan dari Belanda. Kata Kunci: Madrasah Ibtidaiyah, MI Islamiyah Kroya, Pengaruh, Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Madrasah Ibtidaiyah, MI Islamiyah Kroya, Pengaruh, Islam.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Mar'ie Ahmad Syauqi sdr
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:33
Last Modified: 31 Oct 2022 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16879

Actions (login required)

View Item View Item