PENGELOLAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SEBAGAI PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI MAN 3 KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN

Nofiyanti, Nofiyanti (2022) PENGELOLAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SEBAGAI PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI MAN 3 KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOFIYANTI .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan kegiatan dalam pendidikan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti metode belajar mengajar, guru, kurikulum, serta sarana dan prasarana pendidikan. Agar suatu sarana dan prasarana pendidikan dapat berfungsi secara maksimal dibutuhkan adanya pengelolaan yang baik dan memadai dari pihak sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran di MAN 3 Kebumen dan juga mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui tahapan wawancara, observasi, dan dokumentasi ketika penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran di MAN 3 Kebumen dimulai dari kegiatan pengadaan yang dilakukan dengan cara membeli, menerima hibah dari pihak lain, dan juga mengajukan proposal kepada Kemenag. Sementara itu pendistribusian sarana dan prasarana dilakukan pada awal tahun pelajaran dan disalurkan secara langsung. Inventarisasi barang dilakukan dengan menggunakan aplikasi BMN, Pemanfaatan barang yang digunakan sesuai dengan fungsinya misalnya perpustakaan digunakan sebagai tempat membaca, Pemeliharaan yang dilakukan secara berkala misalnya dengan membentuk jadwal piket. Dan penghapusan sarana dan prasarana terhadap barang-barang yang telah rusak dan tidak layak pakai. Salah satu faktor pendukung pengelolaan saran dan prasarana yaitu Dana, SDM, serta kepedulian warga sekolah terhadap sarana dan prasarana yang terdapat di MAN 3 Kebumen, sedangkan faktor penghambatnya antara lain dana yang terkadang kurang, serta kurangnya kepedulian sebagian warga sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Sarana dan prasarana
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nofiyanti Nofiyanti sdri
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:04
Last Modified: 31 Oct 2022 07:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16866

Actions (login required)

View Item View Item