PEMENUHAN HAK LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGASUHAN ALTERNATIF PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH

Murni, Setiani (2022) PEMENUHAN HAK LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGASUHAN ALTERNATIF PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MURNI SETIANI_PEMENUHAN HAK LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGASUHAN ALTERNATIF PADA ANAK PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jurusan Hukum Pidana dan Politik Islam, Program Studi Hukum Tata Negara Universitas Islam Negeri Prof Saifuddin Zuhri Anak bagi negara adalah potensi bangsa untuk pembangunan nasional. Untuk itu dibentuklah Perda tentang Kabupaten Layak Anak (KLA) sebagai bentuk kepedulian perkembangan dan pertumbuhan Kabupaten Purbalingga yang mengarah pada daerah industri. Untuk memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga anak membutuhkan pengasuhan alternatif agar tercegahnya terlantar. Untuk itu peneliti ingin mengetahui bagaimana pemenuhan hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif pada anak menurut Perda Kabupaten Purbalingga Nomor 27 Tahun 2018 tentang Kabupaten Layak Anak dan bagaimana pandangan maqashid syariah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah yuridis sosiologis, yakni untuk mengetahui proses bekerjanya hukum dari gejala-gejala sosial dalam masyarakat kemudian gejala sosial tersebut dianalisis dengan sudut pandang maqashid syariah. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi dan internet. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam pemenuhan hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif pada anak menurut Perda Kabupaten Purbalingga tentang Kabupaten Layak Anak sudah terlaksana dengan cukup baik. Dan pemenuhan hak tersebut memiliki keterkaitan dalam maqashid syariah pada kebutuhan primer (adharuriyyat al-khamsah) yaitu memelihara jiwa (hifz nafs) dan memelihara akal (hifz aql).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan Hak Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Peraturan Daerah Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Layak Anak, Maqashid Syariah.
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Murni Seti Murni Setiani sdr
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:14
Last Modified: 24 Oct 2022 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16853

Actions (login required)

View Item View Item