LAELA KHIKMAWATI, 102331062 (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MAPEL AQIDAH AKHLAKDI MI NURUL IMAN GUMELAR KIDUL KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BMS TAHUN PEL 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.
Text
LAELA KHIKMAWATI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MAPEL AQIDAH AKHLAKDI MI NURUL IMAN GUMELAR KIDUL KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BMS TAHUN PEL 2014-2015.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER, BAB I, BAB V. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (525kB) | Preview |
Abstract
pembelajaran. Strategi pembelajaran aktif didesain untuk menciptakan suasana pembelajaran yang merangsang keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik mempunyai sikap kemandirian, mampu berpikir kritis dan kreatif. Maka dari itu guru dituntut untuk kreatif melakukan berbagai strategi yang sesuai dengan materi dan diharapkan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi pembelajaran aktif. Dari hasil penelitian di MI Nurul Iman Gumelar Kidul, guru Aqidah akhlak sudah menerapkan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Aqidah akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Aqidah akhlak di MI Nurul Iman Gumelar Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawncara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan polaberfikir induktif. Dari analisis yang dilakukan penulis, bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Aqidah akhlak di MI Nurul Iman Gumelar Kidul kecamatan tambak kabupaten banyumas tahun pelajaran 2014/2015 menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif dengan strategi : Bangkitkan Minat, Jigsaw Learning, Reading Aloud, Crossword Puzle Dan Index Card Macth. Pada mata pelajaran Aqidah akhlak MI Nurul Iman Gumelar Kidul sudah cukup bagus dan efektif. Hal tersebut dilihat dari kondisi kelas yang cukup kondusif, suasana kelas menjadi hidup dan tidak monoton, dan siswa dapat tertarik serta antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran aktif, Aqidah akhlak, MI Nurul Iman Gumelar Kidul |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 04:32 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 04:32 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1685 |
Actions (login required)
View Item |