PENDEKATAN BIMBINGAN KONSELING PADA ANAK USIA DINI DI TK DARUL QUR'AN AL-KARIM PASCA PANDEMI COVID-19

CYNDI, PRAYOGI (2022) PENDEKATAN BIMBINGAN KONSELING PADA ANAK USIA DINI DI TK DARUL QUR'AN AL-KARIM PASCA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saefuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cyndi Desta Prayogi_Pendekatan Bimbingan Konseling Pada Anak Usia Dini di Tk Darul Qur'an Al-Karim Pasca Pandemii Covid-19.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sejak akhir tahun 2019 dunia mulai digemparkan oleh adanya Virua baru yang dilansir berasal dari kota Wuhan, Cina yang dikenal dengan sebutan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19 hal ini juga berdampak besar bagi kegiatan masyarakat terutama dalam pendidikan. Membahas tentang pendidikan anak usia prasekolah merupakan yang paling penting dalam hal pembentukan prilaku seorang, anak usia dini yang berkisar 0-6 tahun ini merupakan tahap awal untuk membuat atau membentuk karakter seorang anak baik itu melalui pembiasaan maupun pengajaran. Usia ini merupakan pondasi awal untuk menyangga perkembangan individu selanjutnya. Dengan ini anak usia dini memerlukan pendampingan baik itu dari orangtua maupun oleh guru. Guru Bimbingan Konseling juga berperan dalamproses perkembangan anak selama di sekolah terutama ketika pasca pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan studi dokumentasi. Aspek yang diteliti yaitu proses pendekatan bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru di TK Darul Qur’an Al-Karim kepada peserta didik pasca pandemi. Dimana anak memiliki kesulitan untuk beradaptasi dan kepercayaan diri efek dari pandemi dimana anak terdoktrin untuk selalu dirumah dan menjaga kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 memeberikan dampak bagi peserta didik baik dalam bersosialisai dan juga dalam persiapan anak menghadapi masalah. Hal ini terjadi karena anak terdoktin bahwa pandemi berbahaya sehingga anak harus mejaga jarak dan lebih berhati-hati dalam melakukan segala hal. Dengan pendekatan Bimbingan Konseling yang di lakukan oleh guru secara perlahan dapat membantu peserta didik untuk meradaptasi dan memupuk rasa percaya diri dan keberanian peserta didik sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran dengan nyaman. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Pendekatan Bimbingan Konseling, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Pendekatan Bimbingan Konseling, Pandemi Covid-19
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Cyndi Desta prayogi sdri
Date Deposited: 22 Oct 2022 02:02
Last Modified: 22 Oct 2022 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16841

Actions (login required)

View Item View Item