EKSPLORASI BATIK BANYUMAS SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI ETNOMATEMATIKA DI RUMAH BATIK ANTO DJAMIL SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS)

Arsa, Nur Tsabitah (2022) EKSPLORASI BATIK BANYUMAS SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI ETNOMATEMATIKA DI RUMAH BATIK ANTO DJAMIL SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ARSA NUR TSABITAH_EKSPLORASI BATIK BANYUMAS SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI ETNOMATEMATIKA DI RUMAH BATIK ANTO DJAMIL SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS).pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Etnomatematika merupakan suatu ilmu yang digunakan untuk mengekspresikan hubungan antara budaya dan matematika. Kabupaten Banyumas memiliki beragam budaya, salah satunya adalah batik Banyumas. Batik Banyumas memiliki ciri khas warna dasar hitam dengan corak atau coretan warna terang dan motif dari batik Banyumas mengandung unsur flora dan fauna yang ada di Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep-konsep matematika yang ada pada batik Banyumas dan bagaimana analisis dari konsep-konsep matematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Proses pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Konsep-konsep matematika yang dapat diidentifikasi pada batik Banyumas adalah konsep titik, ruas garis, bangun datar (segitiga sama kaki, jajar genjang, persegi panjang, belah ketupat dan lingkaran), kekongruenan dan kesebangunan serta transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi). Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru dalam penerapan pembelajaran kontekstual yang berkaitan dengan sumber pembelajaran yang berasal dari lingkungan yang ada di sekitar peserta didik serta sebagai penjelasan kepada peserta didik bahwa pembelajaran matematika dapat dikaitkan dengan budaya yang ada di sekitar peserta didik, yaitu batik Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Batik Banyumas, Sumber Pembelajaran Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Arsa Nur Tsabitah
Date Deposited: 15 Oct 2022 03:19
Last Modified: 15 Oct 2022 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16774

Actions (login required)

View Item View Item