PENGARUH KECERDASAN MUSIKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA

Sinta, Nurohmah (2022) PENGARUH KECERDASAN MUSIKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sinta Nurohmah_Pengaruh Kecerdasan Musikal.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kutasari Kabupaten Purbalingga. Salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah kecerdasan yang dimiliki oleh siswa. Salah satu kecerdasan yang belum diteliti adalah kecerdasan musikal, yang mana kecerdasan ini sering dianggap sebelah mata dan kurang didukung dalam lingkungan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan musikal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kutasari Kabupaten Purbalingga. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian survei. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kutasari Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 210 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 138 siswa yang diambil menggunakan simple random sampling dengan rumus slovin. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk megukur kecerdasan musikal dan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Persamaan regresi linear sederhana yang terbentuk yaitu Y=-1,272+0,096X. Pada uji keberartian regresi didapatkan nilai signifikansi 0,000 yang mana 0,000<0,05, hal ini berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan musikal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kutasari Kabupaten Purbalingga. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh yaitu 0,356, yang mana menunjukkan bahwa besar pengaruh kecerdasan musikal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika adalah sebesar 35,6% dan sisanya sebesar 64,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Musikal, Pemecahan Masalah, Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sinta Nurohmah
Date Deposited: 15 Oct 2022 01:50
Last Modified: 15 Oct 2022 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16767

Actions (login required)

View Item View Item