Analisis Perilaku Konsumtif Generasi Z Pengguna Fitur Bayar Nanti Pada Aplikasi Shopee "Shopeepaylater" (Studi Kasus Mahasiswa Di Purwokerto)

Arya, Zahrurofiq (2022) Analisis Perilaku Konsumtif Generasi Z Pengguna Fitur Bayar Nanti Pada Aplikasi Shopee "Shopeepaylater" (Studi Kasus Mahasiswa Di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Arya_Analisis Perilaku Konsumtif Generasi Z Pengguna Fitur Bayar Nanti Pada Aplikasi Shopee %22Shopeepaylater%22 (Studi Kasus Mahasiswa Di Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perubahan kebiasaan berbelanja online yang terjadi pada waktu belakangan ini khususnya pada saat pandemi covid-19 memunculkan berbagai macam tren baru dikalangan generasi Z. Seperti transformasi dalam sistem pembayaran yang ramai digunakan yaitu Shopeepaylater. Penggunaan Shopeepaylater yang berlebihan dapat menimbulkan sifat boros dalam berbelanja, berlebih-lebihan yang dapat dikatakan sebagai perilaku konsumtif. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) pengaruh kemudahan terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna fitur bayar nanti pada aplikasi shopee “shopeepaylater”; (2) pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna fitur bayar nanti pada aplikasi shopee “shopeepaylater”; (3) pengaruh pendapatan terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna fitur bayar nanti pada aplikasi shopee “shopeepaylater”; (4) pengaruh kemudahan, gaya hidup dan pendapatan perilaku konsumtif generasi Z pengguna fitur bayar nanti pada aplikasi shopee “shopeepaylater” Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model field research. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui metode kuesioner melalui google form dengan purpossive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji rank spearman, kendall’s w dan regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kemudahan terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna fitur bayar nanti pada aplikasi shopee “shopeepaylater”; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel gaya hidup terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna fitur bayar nanti pada aplikasi shopee “shopeepaylater”; (3) Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan dari variabel pendapatan terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna fitur bayar nanti pada aplikasi shopee “shopeepaylater”; (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel kemudahan, gaya hidup, dan pendapatan secara simultan terhadap perilaku konsumtif generasi Z pengguna fitur bayar nanti pada aplikasi shopee “shopeepaylater”. Kata kunci : Generasi Z, Shopeepaylater, kemudahan, gaya hidup, pendapatan, perilaku konsumtif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Generasi Z, Shopeepaylater, kemudahan, gaya hidup, pendapatan, perilaku konsumtif
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arya Zahrurofiq sdr
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:00
Last Modified: 14 Oct 2022 08:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16763

Actions (login required)

View Item View Item