KEDUDUKAN PEREMPUAN PERSPEKTIF TOKOH AGAMA KATOLIK (STUDI KASUS: GEREJA KATEDRAL DAN SANTOYOSEP DI PURWOKERTO)

Shinta, Nuryana (2022) KEDUDUKAN PEREMPUAN PERSPEKTIF TOKOH AGAMA KATOLIK (STUDI KASUS: GEREJA KATEDRAL DAN SANTOYOSEP DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SHINTA NURYANA_KEDUDUKAN PEREMPUAN PERSPEKTIF AGAMA KATHOLIK STUDI KASUS GEREJA KATEDRAL DAN SANTOYOSEP DI PURWOKERTO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Gereja Katedral dan Santoyosep merupakan Gereja Katolik yang ada di Purwokerto. Gereja ini dinamakan gereja paroki. Gereja paroki merupakan gereja yang besar dan mempunyai Romo atau imam gereja sendiri. selain itu ada juga yang namanya stasi, stasi adalah gereja yang masih kecil dan menginduk kepada gereja paroki. Penelitian difokuskan kepada bagaimana kedudukan perempuan perspektif tokoh agam katolik yang objeknya adalah gereja Katedral dan Santoyosep. Penelitian ini berjenis kualitatif dan menggunakan Teori Feminisme Liberal, dimana di dalam teori tersebut menjelaskan tentang kesetaraan gender baik itu laki-laki maupun perempuan mempunyai hak yang sama. Tidak hanya hak, tetapi kedudukan fungsi dan tugas laki-laki dan perempuan harus sama atau setara. Dalam hal ini kedudukan perempuan dalam agama Katolik gereja Katedral dan Santoyosep belum mencapai kesetaraan. Kedudukan perempuan masih belum bisa sepenuhnya setara dengan lakilaki, ada beberapa yang memang tugasnya harus dilakukan oleh seorang laki-laki atau seorang Romo. Seperti memimpin tujuh sakramen, diantaranya sakramen baptis, sakramen ekaristi, sakramen tobat, sakramen krisna, sakramen pengurapan orang sakit, sakramen perkawinan, sakramen imamat. Dan tugas perempuan membantu dalam pelaksanaan sakramen-sakramen tersebut. Selain itu, perempuan mempunyai kedudukan dalam ranah domestic, public dan sosial keagamaan. Kata Kunci: Kedudukan Perempuan, Gereja, Agama Katolik, Kesetraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedudukan Perempuan, Gereja, Agama Katolik, Kesetraan.
Subjects: 200 Religion > 206 Organizations of Christianity
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Shinta Nuryana
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:27
Last Modified: 14 Oct 2022 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16756

Actions (login required)

View Item View Item