MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI MTS NEGERI 1 BANYUMAS

TITI, KURNIATI (2022) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI MTS NEGERI 1 BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Titi Kurniati_Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Prestasi Akademik Siswa di MTS Negeri 1 Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas suatu pendidikan sangat dipengaruhi oleh sistem manajemen yang diterapkan. Manajemen merupakan proses kegiatan yang dilakukan melalui kerja sama dengan orang-orang atau melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi. Prestasi akademik siswa merupakan salah satu bentuk nyata dari pendidikan yang berkualitas. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry meliputi planning, organizing actuating, dan controlling, perlu diterapkan dalam pengembangan prestasi akademik dari perolehan kejuaraan olimpiade dan lomba-lomba mata pelajaran bahasa, matematika dan IPA tingkat nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field research). Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, bidang kurikulum, bidang humas dan guru pembimbing prestasi akademik siswa. Data sekunder bersumber dari dokumen Rencana Tahunan, dokumen kesiswaan, kurikulum dan dokumen humas. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah dalam mengembangkan prestasi akademik siswa dari perolehan kejuaraan lomba-lomba mata pelajaran atau olimpiade di MTs Negeri 1 Banyumas telah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yaitu 1) Perencanaan yang dilakukan kepala madrasah meliputi penyusunan program Madrasah Berprestasi: tahap seleksi, pembinaan, keikutsertaan lomba dan evaluasi 2) Pengorganisasian yang dilakukan kepala madrasah meliputi pembentukan personel Tim Sukses Madrasah Berprestasi, penerbitan SK Kepala Madrasah, rincian tugas, dan alokasi waktu. 3) Pelaksanaan/Penggerakkan yang dilakukan kepala madrasah meliputi jadwal pembinaan, motivasi Tagline Matsani Istimewa, yel-yel matsani juara, penghargaan,dan publikasi. 4) Pengawasan dilakukan oleh kepala madrasah dalam bentuk pemantauan secara langsung dan pelaporan. Adapun supervisi belum dilakukan sehingga pengawasan belum menggunakan instrumen yang terukur. Kata Kunci: Manajemen, Kepala Madrasah, Prestasi Akademik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kepala Madrasah, Prestasi Akademik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.382 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: TITI KURNIATI sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:19
Last Modified: 14 Oct 2022 06:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item View Item