ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT DI PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Pedagang Pasar Minggu, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga)

Dewi, Nur Anisa (2022) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT DI PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Pedagang Pasar Minggu, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI NUR ANISA 1817201096.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi di Tradisional “Pasar Minggu, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga”. Penelitian ini dilatar belakangi karena pasar tradisional yang mengalami persaingan dengan pasar modern. Salah satu pasar tradisional yang mengalami dampaknya adalah Pasar Minggu. Pendapatan pasar dan pedagang pasar mengalami penurunan dikarenakan kurangnya konsumen yang datang ke pasar yang mengakibatkan pasar menjadi sepi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menggunakan teknik sampel yaitu non-probability sampling jenis metode accidental sampling. Menentukan jumlah sampel menggunakan rumus wibisono dengan hasil 125 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan wawancara. Data hasil kuisioner diolah menggunakan SPSS. Uji instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji t, uji f dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian yang diperoleh peneliti dari kuisioner yang diperoleh dari beberapa responden menghasilkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh negatif variabel produk terhadap keputusan pembelian 2) Terdapat pengaruh positif variabel harga terhadap keputusan pembelian 3) Terdapat pengaruh positif variabel tempat terhadap keputusan pembelian 4) Terdapat pengaruh positif variabel promosi terhadap keputusan pembelian 5) Terdapat pengaruh positif variabel produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian. Bauran pemasaran (marketingmix) harus memperhatikan standar keharaman dalam Islam. Dalam mengambil keputusan pembelian, manusia juga diperintahkan untuk mengonsumsi barang/jasa yang halal dan baik dan tidak berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dewi Nur Anisa sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:18
Last Modified: 14 Oct 2022 06:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16752

Actions (login required)

View Item View Item