STRATEGI PEMASARAN BERBASIS INTERNET MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA NERY SCREEN PRINTING DESA KLAPASAWIT PURWOJATI BANYUMAS

Nikmatul, Rohmah (2022) STRATEGI PEMASARAN BERBASIS INTERNET MARKETING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA NERY SCREEN PRINTING DESA KLAPASAWIT PURWOJATI BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Nikmatul Rohmah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nery Screen Printing merupakan usaha yang bergerak di bidang industri kreatif percetakan yang didirikan pada tahun 2016, produk yang dihasilkan antara lain sablon kaos, hoodie, jersey, kemeja, PDL, dan lain sebagainya. Tingginya pengguna internet di kalangan masyarakat menjadikan media ini sebagai sarana dalam memasarkan produk begitupun dengan Nery Screen Printing. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penggunaan internet marketing sebagai sarana pemasaran yang mampu menaikkan volume penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan dengan pemilik usaha percetakan dan konsumen. Kemudian observasi dilakukan dengan mendatangi langsung usaha percetakan Nery Screen Printing untuk mencatat informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Selanjutnya untuk dokumentasi peneliti mengumpulkan foto-foto tempat, produk, dan hasil produksi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan usaha percetakan Nery Screen Printing yaitu (marketing mix) bauran pemasaran 4P, yaitu strategi produk dengan memberikan kualitas produk terbaik pada konsumen, strategi harga dengan memberikan harga yang terjangkau, strategi distribusi dengan melakukan penjualan langsung dan bekerja sama dengan reseller, strategi promosi dilakukan melalui promosi mulut ke mulut dan sponsorship. Selain itu Nery Screen Printing sudah menerapkan pemasaran berbasis internet dimana hal ini ditunjukan dari banyaknya akun sosial media yang digunakan seperti instagram, facebook, whatsapp, dan juga tiktok. Dengan menerapkan pemasaran berbasis internet ini mampu meningkatkan volume penjualan. Kata Kunci: Nery Screen printing, Strategi Pemasaran, Internet Marketing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nery Screen printing, Strategi Pemasaran, Internet Marketing
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nikmatul Rohmah sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:14
Last Modified: 14 Oct 2022 06:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16749

Actions (login required)

View Item View Item