PENGARUH MANAJEMEN PERPUSTAKAAN TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI SISWA KELAS IX DI SMPN 1 RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

Fitrianingsh, Fitrianingsih (2022) PENGARUH MANAJEMEN PERPUSTAKAAN TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI SISWA KELAS IX DI SMPN 1 RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fitrianingsih_Pengaruh Manajemen Perpustakaan Terhadap Keterampilan Literasi Siswa Kelas IX di SMPN 1 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Literasi (kemampuan baca tulis) merupakan kemampuan yang penting dalam proses perkembangan anak sekolah. Kemampuan literasi juga merupakan salah satu indikator perkembangan kemampuan anak menuju peningkatan prestasi di sekolah. Dengan memiliki kemampuan literasi, akan mudah memahami informasi secara lisan dan tertulis. Bahkan keterampilan literasi yang dimiliki siswa juga akan membantu siswa untuk meningkatkan kualitas, memiliki pandangan luas, dan bisa menentukan tujuannya sendiri. Hal ini dikarenakan siswa terbiasa berpikir kritis untuk memecahkan masalah, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi. Namun sayangnya kesadaran literasi masyyarakat Indonesia masih rendah, dan salah satu usaha untuk meningkatkan minat literasi serta kunjungan siswa ke perpustakaan perlu dilakukan dengan mengelola perpustakaan dengan baik. Dengan manajemen perpustakaan yang baik dalam mengelola fasilitas dan bahan pustaka, akan berpotensi pada peningkatan keterampilan literasi siswa kelas IX. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan manajemen perpustakaan terhadap keterampilan literasi siswa kelas IX di SMPN 1 Rawalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas IX di SMPN 1 Rawalo. Sampel penelitian sebanyak 74 siswa, dan teknik sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket berbentuk skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sebelum dilakukan uji analisis, maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji keberartian regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen perpustakan terhadap keterampilan literasi siswa kelas IX di SMPN 1 Rawalo. Adapun besarnya pengaruh manajemen perpustakaan terhadap keterampilan literasi terhadap keterampilan literasi siswa kelas IX di SMPN 1 Rawalo dapat dilihat dari koefisien determinasi R square 0,204 yang berarti bahwa manajemen perpustakaan berpengaruh terhadap keterampilan literasi siswa kelas IX sebesar 20,4% dan sisanya 79,6 % faktor selain manajemen perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen perpustakaan, keterampilan literasi siswa, literasi
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Fitrianingsih F
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:53
Last Modified: 14 Oct 2022 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16741

Actions (login required)

View Item View Item