OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 MI MUHAMMADIYAH SINGASARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Cindy, Febi Saufika (2022) OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 MI MUHAMMADIYAH SINGASARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cindy Febi Saufika_Optimalisasi Media Sosial dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 MI Muhammadiyah Singasari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di era digital ini dunia pendidikan perlu melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Untuk media pembelajaran yang banyak dan dirasa baik serta mudah untuk digunakan adalah sosial media, karena mayoritas peserta didik pasti memiliki media sosial yang sudah terintegrasi dengan berbagai sistem yang akan sangat memudahkan dalam penyampaian infomasi yang diberikan oleh pendidik. Namun demikian, beberapa mata pelajaran dianggap sulit oleh sebagian peserta didik, sehingga perlu perhatian khusus dari pendidik meskipun pembelajaran menggunakan media sosial, dalam hal ini adalah mengenai mata pelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi media sosial dalam pembelajaran tematik kelas 2 MI Muhammadiyah Singasari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara guru kelas 2 MI Muhammadiyah Singasari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas, data observasi, dan sumber sekunder berupa foto, profil sekolah dan lain-lain. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa mengoptimalisasi media sosial dalam pembelajaran tematik kelas 2 secara global di MI Muhammadiyah Singasari dibagi menjadi 2 bagian yaitu melalui media sosial WhatsApp dan media sosial YouTube. Adapun media WhatsApp digunakan untuk menyampaikan materi yang bervariasi seperti melalui rekaman suara, gambar, dan video. Sedangkan melaui media YouTube pendidik dapat lebih mudah dan cepat berkreasi dalam kegiataian pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami suatu materi secara lebih cepat daripada mempelajari melalui buku pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Media Sosial, Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cindy Febi Saufika sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:50
Last Modified: 14 Oct 2022 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16736

Actions (login required)

View Item View Item