KEMANDIRIAN EKONOMI PEREMPUAN DAN UPAYA MEWUJUDKAN KETAHANAN KELUARGA (Studi Pada Wanita Karir di Desa Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara)

Nurul, Sulistyorini (2022) KEMANDIRIAN EKONOMI PEREMPUAN DAN UPAYA MEWUJUDKAN KETAHANAN KELUARGA (Studi Pada Wanita Karir di Desa Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurul Izzah Sulistyorini_KEMANDIRIAN EKONOMI PEREMPUAN DAN UPAYA MEWUJUDKAN KETAHANAN KELUARGA (Studi Pada Wanita Karir di Desa Susukan kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketahanan keluarga merupakan sebuah gambaran keluarga dalam menuju keluarga sakinah yang pastinya harus ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dan dipersiapkan. Tingkat pendidikan yang tinggi pada wanita karir dan memberikan nafkah pada keluarga sangat menjadi center karena lebih rentan akan perceraian, karena wanita yang memiliki jenjang karir atau bisa memiliki penghasilan cukup merasa punya power dalam keluarga. Perceraian terjadi dengan sangat mudah karena alasan-alasan pendidikan perempuan yang tinggi membuat tingkat perceraian juga tinggi. Dalam penelitian ini, fokus permasalahannya adalah bagaimana wanita yang berkarier di Desa Susukan Kabupaten Banjarnegara yang memiliki profesi dan karir masih bisa mewujudkan ketahanan pada keluarganya menjadikan keluarga tetap berfungsi secara positif dan membawa keluarga pada kondisi yang resiliens. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis dan sosiologis dimana dalam literatur hukum Islam dan Hukum Negara yang terkait dengan norma-norma perkawinan dan akan dihubungkan dengan realitas sosial. Sumber data primer dalam penelitian ini berasal dari wanita yang memiliki profesi ataupun karir, sedangkan data sekundernya berasal dari literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara wawancara wanita yang memiliki karir dan juga sebagai ibu rumah tangga pada keluarga yang sakinah, dan dokumentasi berupa identitas dari masingmasing informan. Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi membuatnya menjadi keluarga yang menjadikan keluarganya di kondisi keluarga yang resilien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keluarga sakinah pada wanita yang berkarir di Desa Susukan, Kabupaten banjarnegara strategi wanita berkarir untuk mewujudkan ketahanan keluarganya ialah menjaga hubungan berdasarkan hak dan kewajiban dan berprinsip dengan masalah ibadah.Sehingga peneliti tau upayaupaya apa yang dilakukan oleh wanita yang berkarir di Desa Susukan Banjarnegara agar ketahanan keluarganya tetap terjaga. Faktor ekonomi, psikologi, sosiologis dan religius menjadikan faktor pendukung, yang biasa berpengaruh negatif manakala istri tidak melaksanakan kewajibannya sebagai seorang istri sesuai dengan KHI dan RUU. Kata Kunci: Resiliensi, Ketahanan Keluarga, Wanita Karier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Ketahanan Keluarga, Wanita Karier
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nurul Izzah Sulistyorini sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:13
Last Modified: 14 Oct 2022 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16704

Actions (login required)

View Item View Item