NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL ANIMASI KELUARGA SOMAT DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Maya, Cahyadari (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL ANIMASI KELUARGA SOMAT DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAYASYA CAHYADARI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL ANIMASI KELUARGA SOMAT DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEMATIK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter memiliki beberapa metode untuk menanamkannya pada anak didik, untuk anak-anak tingkatan SD/MI, pemutaran sebuah film memiliki plus minus di dalamnya. Namun berkaca pada bahwa pada masa-masa anak SD/MI dibutuhkan sebuah visualisasi yang lebih kuat maka film menjadi salah satu metodenya. Di antara film yang memiliki nuansa pendidikan karakter adalah film animasi “Keluarga Somat”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam Serial Animasi Keluarga Somat sebagaimana yang diterapkan dalam 18 Nilai Karakter Hasil Empirik Pusat. Sebagai penelitian kualitatif, metode yang digunakan adalah study kepustakaan terhadap isi dari film Animasi “Keluarga Somat”. Ada dua data yang digunakan yaitu data Primer berupa empat episode Dudung Jualan Es Lilin, Episode Cinta Lingkungan, Episode Jujur Itu Keren, dan Episode Dudung Mengatur Waktu, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan pendidikan karakter dan pembelajaran tematik. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa terdapat 14 nilai karakter yang ada yaitu, Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cinta damai Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, dan Tanggung jawab. Sedangkan nilai yang tidak muncul adalah empat yaitu: Toleransi, Demokratis, Semangat Kebangsaan, dan Cinta tanah air. Sedangkan Relevansi Nilai-nilai pendidikan karakter dengan pembelajaran Tematik bagi anak usia MI/SD pada film Keluarga Somat terlihat bahwa pembelajaran tematik bisa dilakukan untuk mendapatkan pemahaman cognitive dan aplikasi afektif dan psikomotorik sebagai sebuah kesatuan pendidikan tematik yang holistik. Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dengan perkembangan kognitif anak usia SD/MI di dalam buku tematik siswa kelas IV SD terlihat dari, pola yang harus dilakukan oleh seorang guru atau orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, nilai karakter, Keluarga Somat, Pendidikan tematik
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mayasya Cahyadari sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:10
Last Modified: 14 Oct 2022 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16700

Actions (login required)

View Item View Item