PENERAPAN PEMBELAJARAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 3 TAMBAKNEGARA KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

Rizkiawanti, Rizkiawanti (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 3 TAMBAKNEGARA KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKIAWANTI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pada pengimplementasian lembar kerja anak (LKA) ditemukan berbagai masalah yang terjadi pada anak seperti kesulitan belajar, menurunnya minat belajar, serta anak mudah lelah, selain itu juga menyebabkan kejenuhan pada anak yang akan berdampak pada kelangsungan pendidikannya. Oleh karena itu, guru TK Aisyiyah 3 Tambaknegara memilih media pembelajaran yang menyenangkan. Yaitu menggunakan media loose parts. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran media loose parts di TK Aisyiyah 3 Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas kelompok B1, dan peserta didik. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang penulis gunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan media loose parts di TK Aisyiyah 3 Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas dilaksanakan melalui tiga tahapan. Pertama, perencanaan pembelajaran menggunakan media loose parts diawali dengan membuat program kegiatan, menyiapkan bahan loose parts, dan menata ruang kelas. Kedua, pelaksanaan pembelajaran menggunakan media loose parts didalam pelaksanaan melalui lima tahap yaitu pembuka, inti, recalling, penutup, rencana penilaian. Ketiga, pasca penerapan pembelajaran media loose parts, setelah melaksanakan kegiatan disini anak sudah dapat menunjukkan kreativitasnya, keberanian, mandiri, bekerja sama, keaktifan belajar serta rasa percaya dirinya. Kelebihan penerapan media loose parts adalah terjangkau, mudah didapat, dan bisa meminimalisir sampah. Selain itu, kelebihan lain dari penggunaan media loose parts bagi anak usia dini diantaranya memberikan kesempatan pada anak untuk bermain banyak hal, menyelidiki, menemukan, mengeksplorasi dan berkreasi dengan berbagai bahan yang ada. Kata Kunci: Loose Parts, Kreativitas, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Loose Parts, Kreativitas, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: RIZKIAWANT RIZKIAWANTI sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:08
Last Modified: 14 Oct 2022 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16699

Actions (login required)

View Item View Item