ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEMATIK SISWA KELAS IV SD/MI TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP

Naela, Try Maulida (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEMATIK SISWA KELAS IV SD/MI TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NAELA TRY MAULIDA_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEMATIK SISWA KELAS IV SD MI TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu modal dalam kehidupan manusia, untuk itu perlu diajarkan sebaik mungkin sebagaimana ada di dalam buku tematik siswa kelas IV SD/MI tema 3 tentang Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Banyaknya tanda-tanda hilangnya karakter yang dimiliki oleh anak menjadi hal yang harus diajarkan sedini mungkin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan yaitu menganalisa nilai-nilai karakter yang ada di dalam buku tesebut. Data yang digunakan adalah buku tematik siswa kelas IV SD/MI tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup sebagai data primer, sedangkan data sekunder diambil dari buku-buku atau jurnal yang berkaitan. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa dalam buku tematik kelas IV tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup tersebut didapati bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ada adalah, nilai karakter religius, nilai karakter toleransi, nilai karakter disiplin, nilai karakter kerja keras, nilai karakter kreatif, nilai karakter mandiri, nilai karakter demokratis, nilai karakter rasa ingin tahu, nilai karakter cinta tanah air, nilai karakter menghargai prestasi, nilai karakter komunikatif, nilai karakter cinta damai, nilai karakter gemar membaca, nilai karakter peduli lingkungan, nilai karakter peduli sosial, nilai karakter tanggung jawab dan dua nilai karakter tidak ada yaitu nilai karakter jujur dan nilai karakter semangat kebangsaan. Aspek perkembangan yang ditemukan memiliki relevansi dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku tematik kelas IV tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup adalah aspek perkembangan emosional, aspek perkembangan kognitif, aspek perkembangan bahasa, aspek perkembangan moral/keagamaan, dan aspek perkembangan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Buku Tematik Kelas IV
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naela Try Maulida sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:58
Last Modified: 14 Oct 2022 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16680

Actions (login required)

View Item View Item